Tanya Dokter

  • Usia 35 bulan belum lancar bicara

  • Selamat pagi dok.. Saya mau tanya tentang anak saya .. Anak saya bulan depan 36bln (3tahun) tapi belum lancar bicara apa itu wajar , dok ? Dia baru bisa bilang mama sama mamam aja .. Ayah bisa tapi cuma "Ah" aja .. Apa itu wajar apa gmn ya dok? Kadang kalo ketemu orang baru aja dia ngerasa malu suka tutup mata? Terima Kasih ..

    Selamat malam, Tahap perkembangan bicara normal pada anak  

    • Usia 0-6 bulan : bayi hanya bisa menangis jika menginginkan sesuatu, suara seperti "ah" atau "uh" mulai bisa didengar pada usia 2-3 bulan. Setelah usia 3 bulan biasanya bayi mulai mencari sumber suara yang didengar dan senang dengan mainan yang bersuara, mendekati usia 6 bulan bayi mulai merespon jika dipanggil namanya, mengoceh dengan suku kata tunggal seperti "babababa" atau "mamamama".
    • Usia 6-12 bulan : bayi mulai mengerti nama orang dan benda dan dapat mengucapkan kata sederhana tanpa arti pada usia 6-9 bulan, sedangkan pada usia 9-12 bulan bayi mulai dapat mengucapkan kata sederhana dengan arti seperti mama, menunjuk jika menginginkan sesuatu dan menengok bila namanya dipanggil.
    • Usia 12-18 bulan : sudah bisa mengucapkan 3-6 kata, menunjuk anggota tubuh atau gambar yang orang lain sebutkan, menjawab pertanyaan dengan mengangguk atau menggelengkan kepala, pada akhir usia ini anak sebagian besar sudah bisa mengutarakan keinginannya dengan kata-kata.
    • Usia 2-3 tahun :  umumnya anak sudah bisa mengucapkan kalimat 2-3 kata dan hampir semua kata-kata yang diucapkan dapat dimengerti oleh orang lain. Mendekati usia 3 tahun anak sudah mulai menggunakan kalimat tanya, senang bernyanyi dan menyebutkan nama benda yang sering ditemui serta kegunaannya.
    • Usia 3-5 tahun : umumnya sudah dapat menggunakan kalimat-kalimat yang panjang lebih dari 4 kata saat berbicara dan sudah mulai tertarik mendengarkan percakapan disekitarnya. Anak sudah dapat menyebutkan nama, umur bahkan jenis kelaminya. Bicaranya sepenuhnya dapat dimengerti oleh orang lain pada anak usia 4 tahun dan dapat bercerita dengan lancar.
    Penyebab terlambatnya bicara seorang anak dapat disebabkan oleh :
    • Gangguan pada pendengaran
    • Gangguan pada otak
    • Penyakit Autisme
    • Gangguan pada mulut
    Penanganan keterlambatan bicara pada anak tergantung dari penyebabnya, disarankan Anda membawa anak Anda ke dokter spesialis anak untuk dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lain yang diperlukan sehingga anak Anda mendapatkan penanganan dengan tepat. Umumnya dokter anak akan membentuk tim dengan dokter spesialis lain seperti spesialis rehabilitasi medik, terapi wicara dan tentunya melibatkan peran orang tua. Baca artikel terkait : ketika anak terlambat bicara Semoga membantu, dr. Rievia