Tanya Dokter

  • Menghitung Usia Kandungan

  • Hallo dok,saya mau tanya,saya sedang hamil anak pertama dok.. saya setiap periksa slalu ke puskes atau ke bidan waktu tanggal 14-11-15 kata bidan usia kehamilan saya sudah masuk 34-35 minggu lalu saya di suruh kontrol USG.. nah tanggal 18-11-15 saya kontrol USG tapi setelah saya kontrol USG kata dokter saya usia kandungan saya baru masuk 31-32 minggu. Jadi yang mana yang benar dok ..saya masih belum mengerti kalau itungan minggu dok .. Terima kasih dok mohon di jawab dok :)

    Letty Kurniawan  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Ibu Letty, Usia kehamilan (UK) biasanya dapat ditentukan dengan banyak cara, tetapi yang paling sering digunakan adalah dari tanggal HPHT (hari pertama haid terakhir) dan hasil USG. HPHT, asalkan diingat dengan jelas, maka merupakan metode untuk mengetahui UK dengan sangat akurat, pada trimester berapapun. Sekali lagi, dengan syarat tanggal HPHT masih diingat betul oleh pasien, jika tidak , maka cara ini tidak dapat digunakan karena tidak lagi akurat. Cara lain yang lazim adalah USG, yang menjadi masalah adalah akurasi USG akan menurun seiring peningkatan usia kehamilan. Pada trimester I (0-3 bulan) angka kesalahan USG hanya beberapa hari - 1 minggu. Pada trimester II bisa 2 minggu dan pada trimester 3 (diatas usia28 minggu) kesalahan USG dalam menentukan UK bisa mencapai 3 minggu. Sehingga USG dengan tujuan untuk mengetahui UK paling baik pada 3 bulan pertama karena akurasinya paling tinggi, dan usia kehamilan dihitung berdasarkan patoka USG pada trimester I tersebut. Menjadi masalah jika pasien baru USG pertama kali pada trimester akhir dimana angka kesalahan menjadi besar dan kesalahan penghitungan perkiraan UK sangat mungkin terjadi. Pada kondisi semacam ini, biasanya USG saja tidak dapat dijadikan patokan perlu dibandingkan dengan HPHT, ukuran / tinggi fundus rahim, serta tentunya dibandingkan dengan hasil-hasil USG berikutnya. Jadi jangan terlalu kaget dengan hasil yang anda terima, hal itu wajar terjadi. Saran saya :

    • Jika anda pernah menjalani pemeriksaan USG pada 3 bulan pertama kehamilan, gunakan itu sebagai patokan usia kehamilan
    • Jika poin diatas tidak ada, maka gunakan HPHT sebagai patokan (asalkan anda mengingat betuk tanggalnya)
    • JIka baru USG pada trimester 2 atau 3, dan HPHT lupa, maka perlu dilakukan beberapa USG ulang dalam rentang waktu tertentu, dan dibandingkan dengan hal-hal lain seperti tinggi fundus rahim dsb untuk menentukan usia kehamilan.
    menentukan usia kehamilan hamil 7 bulan hamil 8 bulan demikian yang dapat saya sampaikan ,semoga bermanfaat.  

    Letty Kurniawan  Letty Kurniawan
    Anggota

    HPHT saya 16-03-15 berarti HPL saya tanggal berapa dok ?

    Letty Kurniawan  dr. Rico N
    Dokter

    HPL (dengan patokan siklus mens anda teratur 28 hari), menjadi 23/12/15 (UK/usia kehamilan 40 minggu). Akan tetapi karena cukup bulan adalah UK 37-42 minggu, maka kelahiran 3 minggu lebih awal sampai 2 minggu lewat tanggal tersebut masih dianggap cukup bulan dan normal. Tetapi, biasanya jika sampai UK 41 minggu kelahiran / tanda persalinan belum ada disarankan segera mengunjungi dokter kandungan anda untuk penanganan lebih lanjut untuk mencegah terjadinya lewat bulan / serotinus

    Letty Kurniawan  Letty Kurniawan
    Anggota

    Ok terima kasih dok atas jawabannya :) terimakasih juga atas informasi dan waktunya dok :) mudah-mudahan bermanfaat yaa dok ..

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.