Tanya Dokter

  • Menghitung usia kehamilan

  •  Elhyz Ajadeh
    Anggota
    slamat siang dok ""sya dngn elyz umur sya 19thn ...sya ingin tanya dok sya hamil tpi sya hait tanggal 06062016 tpi sya berhungan dngan suami tanggal 28 bln 06 sya makan pil kb slama 2 minggu langsung sya tdak makan pil lgi tpi sya berhubungan..sya mau tau usia kehamilan sya sda berapa bulan yh

    Hai Elyz,

    Untuk menentukan usia kehamilan salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan HPHT (hari pertama haid terakhir), tanpa melihat kapan Anda berhubungan intim. Sebagai contoh, bila menstruasi terakhir Anda terjadi pada tanggal 6-10 Juni, maka HPHT Anda adalah pada tanggal 6 Juni.

    Bila HPHT Anda pada tanggal 6 Juni 2016 maka saat ini usia kehamilan Anda adalah 40-41 minggu. Hari perkiraan lahir dapat dihitung dengan rumus Naegele, yaitu (hari+7) (bulan-3) (tahun+1). Dengan rumus ini dapat dihitung bahwa hari perkiraan lahir Anda adalah pada tanggal 13 Maret 2017.

    Jika Anda yakin HPHT Anda benar, maka artinya saat ini Anda sudah melewati tanggal perkiraan lahir Anda. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi, karena HPL memprediksi kelahiran terjadi pada usia kehamilan 40 minggu. Sedangkan persalinan normalnya dapat terjadi pada usia kehamilan 37-42 minggu. Artinya kelahiran dapat saja terjadi lebih awal atau lebih lambat dari hari perkiraan lahir.

    Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan yang merawat Anda untuk mempersiapkan proses kelahiran dan memantau penyulit yang mungkin timbul agar dapat ditangani secara tepat. Jika dalam 1 minggu belum tampak tanda-tanda kelahiran sebaiknya kembali kontrol ke dokter untuk mempersiapkan penanganan selanjutnya. Bila kelahiran belum terjadi hingga usia kehamilan 42 minggu maka dokter akan menganjurkan untuk dilakukan induksi persalinan ataupun operasi Caesar, tergantung pada kondisi kesehatan ibu dan bayi.

    Informasi berikut ini dapat berguna:

    Menghitung tanggal kelahiran dengan kalkulator kehamilan

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman