Tanya Dokter

  • Batas usia pertumbuhan tinggi badan

  • Hallo Selamat Siang pak dokter, mau tanya sebentar. Umur saya 25 Th. Misalnya Kalau Saya Pake Alat Jaco Terapy Bed untuk Latihan Rutin guna Menambah Tinggi Badan, bisa tdk ? Terima Kasih.

    Halo agustinuswarawarin......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya, pertumbuhan tinggi badan umumnya Masih dapat terjadi selama belum menutupnya lempeng epifisis pada tulang. Setelah lempeng tersebut menutup, kemungkinan tidak akan terjadi pertumbuhan tulang.

    Sekedar informasi untuk anda, pada pria rata - rata lempeng akan menutup pada usia sekitar 18 tahun sampai dengan 21 tahun, walaupun bervariasi, pada setiap individu dapat saja tetap bertambah tinggi pada usia lebih dari 21 tahun.

    Jika lempeng epifisis sudah menutup, tehnik apapun ( yang salah satunya menggunakan alat terapi yang anda utarakan ) ataupun suplemen, tidak akan banyak membantu untuk meningkatkan badan.

    Kami menyarankan kepada Anda untuk mendiskusikan masalah ini kepada dokter spesialis ortopedi atau tulang terlebih dahulu, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, hingga segala sesuatu nya terang dan jelas, dan dokter dapat merencanakan penambahan tinggi badan yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini ( jika hal ini masih memungkinkan ).

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati