Tanya Dokter

  • Daerah dekat rahim terasa sakit setelah operasi usus buntu

  •  riskaaautm
    Anggota

    Dok. Saya 2 bulan lalu melakukan oprasi usus buntu. Namun setelah oprasi daerah dekat rahim (dibawah luka oprasi dekat tlang panggul merasa nyutnyutan hilang timbul dan sering sakit hingga pinggiran vagina. sakit setiap harinya. Namun daerah luka oprasi sudah tidak sakit sama sekali. Apa itu luka oprasi atau ada penyakit lain? Saya ke puskesmas katanya mungkin ISK, naaun saya tidak merasakan sakit saat BAK dan lancar2 saja. Saya sufah 5 kali berobat hanya diberi asam mefenamat saja tapi tap sakitnya hilang timbul setiap hari. Apalago bagian kanan. Nyerinya menetap. Kalau bagian kiri hilang timbul. Terimkasih dok. Jawab ya dok. Saya sangat tidak ntaman karena semenjak oprasi tubuh saya full ditopang oleh obat namun sekitnya tidak hilang2.

    Halo,   Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter yang melakukan operasi kepada Anda untuk mendapatkan pemeriksaan yang akurat dan terpadu. Konsultasikan permasalahan Anda secara mendetil sehingga dokter bisa memeriksa Anda dengan seksama dan melakukan tes medis lain seperti USG, tes darah, tes urine dan CT SCAN / MRI bila diperlukan untuk menentukan penyebab keluhan Anda. Penyebab keluhan Anda bisa saja berkaitan dengan operasi Anda namun juga bisa merupakan gejala penyakit yang sama sekali berbeda. Beberapa kemungkinan penyebab keluhan Anda bisa dikarenakan :

    1. Perlengketan pada usus / organ lain
    2. Gangguan pada otot perut / otot panggul.
    3. Penyakit radang panggul.
    4. Kista ovarium.
    5. Gangguan pada saluran kemih = batu saluran kemih, infeksi saluran kemih, dll.
    6. Gangguan saraf.
    7. dll.
    Pemeriksaan secara seksama dengan tes medis yang disebut diatas bisa memberikan gambaran yang lebih jelas apa penyebab keluhan Anda. Dengan begitu maka pengobatan yang tepat pun bisa diberikan. Untuk meredakan nyeri sementara Anda bisa mengompres hangat bagian yang terasa nyeri, meminum obat pereda nyeri dan mengistirahatkan bagian tubuh yang terasa nyeri dengan cara menghindari membawa barang yang berat untuk sementara waktu. Baca artikel Nyeri perut bawah Semoga membantu.   dr. Yusi

    riskaaautm  riskaaautm
    Anggota

    Terimakasih dok :) Waktu itu saya melakukan USG rahim ke dokter kandungan namun katanya baik2 saja dengan rahim saya. Saya belum menikah umur 22. Apakah mungkin dok jika bermasalah dengan rahim tidak terlihat dari USG atau Akuratkah hasil dari USG tersebut? Terima kasih dok.