Tanya Dokter

  • Apa saya harus tetap operasi usus buntu?

  • Mlam dok.. Sy mau tnya ni..2 mngu yg lalu prut sy skit pas priksa trnyata kna usus buntu..tp tidak langsung di oprasi dok..brharap msih bsa smbuh trus cm dpet obat ajj.. Sminggu kemudian rasa sakit nya hilang sampe skrng.. Pertnyaan sy apkah harus tetap di operasi dok wlau sudah tdk terasa..?? Apa lg kta nya bisa pecah jg??

    Dtunggu blsan nya dok..

    Up

    Halo,   Penelitian terbaru memang menyatakan bahwa kasus radang usus buntu yang ringan bisa ditangani dengan antibiotik dosis tinggi. Dalam hal ini maksudnya adalah gejala radang usus buntu masih dapat ditangani dengan bantuan obat tanpa indikasi perlunya operasi segera. Jika Anda tidak merasakan keluhan radang usus buntu maka indikasi operasi tidak ada dan operasi tidak diperlukan, namun tetaplah perhatikan kondisi kesehatan Anda dan jika ternyata suatu hari terjadi kekambuhan radang usus ini maka Anda bisa menentukan langkah operasi untuk mencegah kekambuhan berulang. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah berulangnya kekambuhan radang usus buntu antara lain adalah :

    1. Perbanyak serat melalui sayuran dan buah.
    2. Olahraga.
    3. istirahat cukup.
    4. Hindari merokok.
    Namun walaupun kasus radang usus buntu bisa sembuh ada kemungkinan untuk kambuh kembali di kemudian hari. Kekambuhan yang terjadi bisa lebih parah dari sebelumnya dan mungkin akan diperlukan operasi jika ternyata kekambuhan terjadi. Indikasi operasi usus buntu akan dilakukan jika :
    • Radang usus buntu telah menginfeksi jaringan sekitar.
    • Pecahnya usus buntu.
    • Peritonitis = radang selaput peritoneum akibat infeksi usus buntu.
    • Terdapat luka bernanah (abses) pada usus buntu.
    Semoga membantu.   dr. Yusi