Tanya Dokter

  • Sakit perut bagian bawah pasca operasi usus buntu

  • Dok aku mau nanya, 2tahun lalu saya sudah oprasi usus buntu dan sekarang saya merasakan kembali sakit yang sama seperti dulu waktu saya belum oprasi usus buntu. Dan sakitnya itu di bawah bekas oprasi saya. Dan saya juga sudah haid 2minggu yg lalu dan 1minggu setelah saya haid. Sya kembali haid lagi yang hari pertamanya darah saya bnyk sekli bersamaan sakit perut yg hanya dibwah bekas oprasi saya. Kira2 penyakit saya itu usus buntu saya kambuh atau haid saya sehingga menimbulkan sakit perut yang sangat sakit. Sekian terima kasih

    Hai Siti,

    Bila Anda sebelumnya sudah menjalani operasi pengangkatan usus buntu (apendektomi) maka tidak mungkin mengalami penyakit usus buntu kembali, karena usus buntu sudah tidak ada sehingga tidak bisa timbul peradangan usus buntu kembali.

    Jika Anda mengalami nyeri perut sebelah kanan yang berlebih disertai dengan menstruasi, maka kemungkinan nyeri bersumber dari gangguan pada organ reproduksi. Adapun menstruasi normalnya terjadi setiap 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Kondisi yang Anda alami di mana menstruasi terjadi kurang dari 21 hari sekali merupakan hal yang tidak normal. Kemungkinan kondisi ini merupakan suatu perdarahan di luar masa menstruasi atau secara medis disebut sebagai metrorrhagia.

    Perdarahan di luar masa menstruasi yang disertai dengan nyeri perut yang berlebihan dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab seperti:


    Apabila keluhan terus berulang maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan agar dapat ditelusuri penyebabnya. Tes penunjang seperti USG atau tes darah mungkin dapat dianjurkan oleh dokter untuk menganalisis penyebabnya lebih jauh. Dengan demikian maka penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Bila nyeri terasa mengganggu dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol
    • Mandi air hangat dan kompres air hangat dapat membantu meredakan nyeri yang timbul
    • Hindari memijat atau mengurut bagian perut yang sakit
    • Beristirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Mewaspadai menstruasi yang tidak normal            
    Penyebab sakit perut sebelah kanan

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman