Tanya Dokter

  • Operasi usus buntu sayatan terbuka

  • pagi dok. saya sudah 3 bulan menjalani operasi usus buntu sayatan terbuka. apa boleh saya berlatih kungfu,tampil lebih aqresif lagi,dmana saya hidup sepeti biasanya dok ??

    Halo Redxone, Usus buntu merupakan organ berukuran 5-10 cm yang terletak pada bagian awal usus besar. Jika mengalami masalah, usus buntu dapat menyebabkan komplikasi berat seperti perforasi usus, dan akhirnya menyebabkan infeksi pada lapisan dalam perut (peritonitis). Hal ini sangat berbahaya dan mengancam nyawa. Tindakan yang paling aman adalah melakukan pengangkatan usus buntu (appendiktomi). Dimana prosedur ini tidak dapat dilakukan jika sudah terjadi perforasi. Dokter spesialis bedah akan melakukan operasi sayatan terbuka (laparotomi) agar bisa membersihkan kembali rongga perut. Proses penyembuhan setelah operasi pada umumnya hanya 2-3 minggu, akan tetapi jaringan yang menutup bekas luka operasi belum terlalu kuat. Amannya jika anda ingin melakukan aktifitas berat, sebaiknya dilakukan diatas 2 bulan. Meski demikian jika anda tidak yakin, lebih baik anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah (kontrol). Diskusi tentang paska operasi usus buntu berikut ini mungkin dapat anda simak. Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit

    Redxone Redxone  Redxone Redxone
    Anggota

    selamat pagidr. Yosephine U L yang baik hati. makasi sudah menjawab. jadi diatas 2 bulan sudah boleh melakukan aktifitas yang berat ya dok. pertanyaan saya yang terakhir. ^_^ kebetulan saya sudah 3 bulan, jika saya melakukan aktifitas yg berat itu apa ada dampak yg buruk bagi saya?apa tenaga saya atau kekuatan saya masih bisa sama pada sebelum operasi??

    Redxone Redxone  Redxone Redxone
    Anggota

    Redxone Redxone July 29, 2015 at 6:03 am selamat pagidr. Yosephine U L yang baik hati. makasi sudah menjawab. jadi diatas 2 bulan sudah boleh melakukan aktifitas yang berat ya dok. pertanyaan saya yang terakhir. ^_^ kebetulan saya sudah 3 bulan, jika saya melakukan aktifitas yg berat itu apakah ada kedepannya dampak yg buruk bagi saya?apa tenaga saya atau kekuatan saya masih bisa sama pada sebelum operasi??