Tanya Dokter

  • Masih terasa sakit meski sudah operasi usus buntu

  • pagi dok ?? nama saya kenny,umur saya 21 thn, saya mau nanya dokter,,7 bln yg lalu saya oprasi usus buntu tetapi masih terasa nyerri dan sakit,dan saya pernah nellan biji jeruk apa kah itu berdampak dokter? mohon penjelasanya,,terimakasih dokter.

    Kenny Sitanggang  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Kenny, Pertama-tama, tidak ada hubungan antara menelan biji jeruk dengan rasa nyeri / sakit yang anda alami. Nyeri yang anda rasakan dapat berasal dari dinding perut (luka bekas operasi) ataupun dari organ dalam, dan apakah berasal dari bekas luka/ jahitan ataukah berasal dari area lain? Seperti apakah kualitas nyerinya, apakah seperti ditusuk? disayat? melilit? ditekan? tajam? atau nyeri tumpul yang tidak jelas? Kemudian, bagaimana dengan kondisi luka operasinya saat ini ? Apakah luka tersebut sudah sembuh atau masih basah? Terkadang jika nyeri dirasakan tajam dan seperti berasal dari bekas luka meski luka telah sembuh, maka mungkin nyeri tersebut adalah nyeri phantom, yakni nyeri yang muncul pada area bekas amputasi / bedah meski luka sesbenarnya telah sembuh. Jika nyeri dirasakan tumpul/tidak jelas mungkin berasal dari organ dalam Sebaiknya anda mengunjungi dokter kembali untuk memeriksa kondisi anda, karena banyaknya kemungkinan penyebab. Dokter akan kembali memeriksa dan menilai kemungkinan penyebabnya. Jika diperlukan dapat saja dilakukan pemeriksaan tambahan seperti USG dan CT scan usus buntu demikian yang dapat saya sampaikan,semoga bermanfaat.

    nyerinya berasal dari dlm dokter tapi kadang2 saja ,,seperti melilit dan kaku dan yg saya rasakan pinggang saya bagian kanan jadi terasa sakit dan pegal,,saya sudah periksa 1 hari yg lalu tetapi saya hanya di kasi obat saja dokter