Tanya Dokter

  • Cara mengatasi usus buntuk pada anak

  • dokter anak saya berusia 11 tahun pulang sekolah mengeluh sakit perut kanan bawah sampai tdk bisa berjalan lurus,kata dokter dia diindikasikan kena usus buntu,dan merekomendasikan agar dioperasi saja sebelum parah,tapi teman saya mengatakan jangan kr masih kecil kasihan nanti kedepannya fisiknya tidk kuat dan suruh obat saja atau jamu,bagaimana dokter sebaiknya ?terimakasih

    Hai, Usus buntu yang mengalami radang, jika tidak diberikan penanganan yang tepat dapat menimbulkan komplikasi yang dapat mengancam nyawa. Penyakit usus buntu dapat ditangani dengan pemberian antibiotik jika kondisi usus buntu belum pecah, sehingga tidak harus dilakukan operasi secepatnya. Operasi usus buntu wajib dilakukan pada:

    • usus buntu mengalami radang atau pembengkakan cukup parah
    • terjadi infeksi pada selaput rongga perut (peritonitis)
    • usus buntu yang pecah
    • terdapat luka bernanah atau infeksi usus buntu
    Sebaiknya ikuti anjuran dokter yang sudah melakukan pemeriksaan terhadap anak Anda. Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai prosedur operasi yang akan dilakukan maupun langkah penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi anak. Halaman berikut membahas Penanganan usus buntu   Semoga bermanfaat, dr. Jessica W.

    Khairan Muqsit  Khairan Muqsit
    Anggota

    hasil usg 0,6 mm dokter yg sdh terkena, kata dokter lain itu masih normal,tetapi dokter anak saya menyarankan tetaap dibuang kr dikhawatirkan pecah,kalau menurut dokter apa ukuran 0.6 mm itu masih normal atau tetap operasi aja?timakasih dokter

    Hai, Sebaiknya ikuti anjuran dokter yang sudah melakukan pemeriksaan fisik terhadap anak Anda, dan ditunjang oleh hasil pemeriksaan USG.   Salam, dr. Jessica W.