Tanya Dokter

  • Pengobatan usus buntu

  •  Ayu Purnama
    Anggota

    Assalamu'alaikum dokter,,

    Selamat siang..nama saya Ayu(20)saya ingin bertanya dok,,saya di diagnosa sakit usus buntu,,,tapi setelah diberi antibiotik sakit saya berkurang,,lalu saya juga meminum obat herbal agar bisa sembuh total dok tanpa operasi,,,tapi yang saya rasakan sekarang perut saya selalu terasa kembung dok,susah BAB juga,,,apa itu dampak dari usus buntu saya belum sembuh total dok,,??tau pa saya memang perlu operasi,,,tolong sarannya dokter,,trimakasih.

    Halo,   Perut kembung bisa ditimbulkan akibat dari :

    1. pola makan yang kurang baik = makan terburu buru, minum dengan sedotan, berbicara sambil makan , mengunyah permen karet, minuman soda dll.
    2. Merokok
    3. Efek obat
    4. Penyakit celiac
    5. Sindrom Iritasi usus.
    6. Makan sayurn yang berkadar gas tinggi
    7. Konstipasi
    8. dll.
    Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan diri kembali ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan seksama untuk mengetahui penyebab keluhan Anda. Usus buntu memang bisa diobati dengan antibiotik dosis tinggi pada fase awal, namun angka kekambuhan sangatlah tinggi dan jika kambuh bisa menimbulkan keluhan yang lebih buruk. Cara terbaik menghilangkan peradangan usus buntu adalah dengan melakukan tindakan pengangkatan usus buntu yang meradang hingga tidak menimbulkan keluhan di kemudian hari. Untuk mengurangi rasa kembung Anda bisa melakukan :
    1. Stop konsumsi herbal.
    2. Banyak minum air putih hangat
    3. Hindari makan makanan bekadar gas tinggi, merokok, makan terburu buru dll.
    4. Perbanyak sayur dan buah.
    5. Hindari susu dan produk susu.
    Semoga bermanfaat. dr. Yusi

    Ayu Purnama  Ayu Purnama
    Anggota

    Trimakasih dokter sarannya,,,,jadi apakah operasi usus buntu itu merupakan cara terbaik dok,,???