Tanya Dokter

  • Usus Buntu atau Batu Empedu?

  •  Chusnul
    Anggota

    Dok, dari 2hari yang lalu saya mengalami nyeri yg sangat hebat di perut bagian bawah kanan, namun saya ragu utk men-judge apakah itu empedu atau usus buntu. Saya mengalami nyeri yg sangat hebat ketika malam hari, utk membalikkan badan ketika tidur ke sebelah kanan sangat sakit, badan saya hanya hangat tidak begitu merasa demam. Nafsu makan saya juga baik, hanya merasa mual kalau makan makanan berkuah. buat ambil nafas panjang tidak bisa karna terlalu nyeri. Sebenarnya saya sakit radang usus buntu atau empedu ya dok ? Mohon Di balas. Terima Kasih..

    Hai, Untuk memastikannya perlu dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, USG atau CT Scan. Batu empedu biasanya menimbulkan gejala jika terjadi penyumbatan kantong empedu atau saluran pencernaan lainnya.Gejala dari batu empedu adalah sakit perut yang menjalar ke sisi tubuh atau ke tulang belikat (punggung), rasa sakit dapat dipicu oleh makanan berlemak, mual, muntah, demam, gatal -gatal pada kulit, tidak nafsu makan atau sakit kuning. Sedangkan gejala dari usus buntu dapat berawal dari perut bagian tengah dan berpindah ke perut kanan bawah, mual, muntah, kram perut, tidak bisa buang gas, diare atau konstipasi atau demam. Kemungkinan lain keluhan anda adalah :

    1. Penyakit Ginjal dan Saluran kemih : seperti infeksi, batu ginjal, batu ureter
    2. Penyakit usus : penyakit chron, divertikulitis
    3. Penyakit berhubungan dengan organ kewanitaan seperti infeksi, kista, endometriosis
    4. Penyakit Radang panggul
    Kontrollah ke dokter. Beberapa pemeriksaan penunjang perlu dilakukan untuk memastikan penyebabnya sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat.   Salam, dr. Agnes Maureen