Tanya Dokter

  • Perih pada vagina dan terdapat darah, apakah berbahaya?

  •  Arimaya
    Anggota
    Siang dok, saya ibu menyusui anak saya 3bulan.saya melahirkan secara caesar. Sudah 2x ini saya berhubungan intim dengn suami saya setelah selesai penis suami saya dibersihkan dengan tisue dan di tisue itu seperti ada bercak darah. Kata suami saya sepertinya darah dari dalam vagina saya, tapi tidak banyak dok, hampir tidak terlihat. Ketika vagina saya bersihkan dan buang air kecil pun tidak ada darah yang keluar, hanya saja berasa perih di bagian mulut vagina bawah. Apakah tidk ada masalh serius dok?

    Halo Bunda, terimakasih telah bertanya ke Alodokter

    Perdarahan setelah hubungan seksual paling sering disebabkan oleh luka lecet di sekitar area kewanitaan karena gesekan selama berhubungan seksual. Kondisi ini utamanya dicetuskan karena kurangnya cairan lubrikasi akibat pemanasan atau foreplay yang kurang adekuat. Di samping itu, khusus bagi ibu setelah melahirkan, faktor hormonal selama menyusui bisa mengurangi keinginan untuk berhubungan seksual.

    Silahkan baca tentang hubungan seksual setelah melahirkan

    Selain kondisi di atas, perdarahan setelah hubunagn seksual juga bisa disebabkan :

    • kelainan pada mulut dan leher rahim (serviks), seperti radang serviks, ektropion serviks, polip serviks, dan kanker serviks
    • kelainan pada vagina, seperti vagina kering, atrofi, dan radang vagina
    • luka di sekitar kelamin akibat penyakit menular seksual
    • cedera pada lapisan rahim

    Bila kondisi ini baru berlangsung sekali, umumnya tidak memerlukan penanganan medis. Namun bila telah terjadi berulang atau Anda ingin memastikan penyebabnya, ada baiknya berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik menggunakan alat khusus, juga tes penunjang yang diperlukan. Untuk sementara waktu, tunda hubungan seksual hingga perdarahan berakhir dan luka di sekitar area kewanitaan sembuh. 

    Semoga bermanfaat ya

    dr. LIli