Tanya Dokter

  • Penyebab vagina berdarah saat berhubungan intim

  • Siang dok, saya mau tanya,kenapa vagina saya berdarah setelah dimasukkan mr.p, padahal belum sampai kedalam mr.p nya, terus terasa perih vagina saya & apakah saya sudah tidak virgin lagi?. Soalnya ini pertama kali saya mengalami vagina saya berdarah & dimasukkan oleh mr.p. Sebelumnya terima kasih banyak.

     

    Halo, terima kasih sudah bertanya ke Alodokter

    Vagina berdarah setelah terjadi penetrasi oleh penis dapat disebabkan oleh robeknya selaput dara. Selaput dara atau hymen adalah lapisan yang sangat tipis berada di dalam vagina wanita dan dapat menutupi seluruh atau sebagian mulut vagina. Selaput dara vagina yang sudah robek biasanya dianggap sebagai wanita yang sudah tidak perawan. Namun, robeknya selaput dara ini dapat disebabkan oleh berbagai hal selain penetrasi penis ke dalam vagina, seperti berolahraga, cedera, dan lain sebagainya serta ada juga sebagian wanita yang lahir tanpa selaput dara. Maka dari itu keperawanan tidak berhubungan dengan kondisi selaput dara. Sebagian orang menganggap bahwa orang yang telah melakukan hubungan intim walaupun tanpa penetrasi penis juga dapat dikategorikan tidak perawan karena telah menjalani aktivitas seksual.

    Namun, masih banyak kemungkinan yang dapat menjadi penyebab dari vagina berdarah yang Anda alami, antara lain:

    • Luka akibat gessekan alat kelamin
    • Radang serviks
    • Infeksi pada vagina
    • Kanker serviks
    • dan lain sebagainya

       

      Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter, untuk mengetahui penyebab dari gejala yang Anda alami dan mendapatkan penanganan sesegera mungkin untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

      Semoga bermanfaat.

      Salam,

      Dr. Christian Haryanto