Tanya Dokter

  • Penyebab vagina berdarah setelah dimasukan jari

  •  mariaelena
    Anggota
    Hallo dokter. Saya mau bertanya, setelah pasangan saya memasukan jarinya ke vagina saya, saya pipis dan pada malam itu tidak keluar darah sama sekali. Tetapi ketika bangun di pagi hari dan saya pipis lagi, saya melihat ada sedikit bercak darah kecoklatan beserta lendir. Sekarang saya gelisah, apakah itu mendadakan saya sudah kehilangan keperawanan atau itu tanda haid? Mengingat saya baru pertama kali melakukan hal tersebut, dan saya memang merasa sudah akan mendekati masa menstruasi (karna saya merasa akhir-akhir ini mudah lelah dan payudara sakit). Memang saat jari masuk pada vagina, saya merasa sakit, lalu setelah selesai melakukannya saya tidak merasa sakit atau perih sama sekali, namun kenapa ya dok ada bercak darah + lendir ini di pagi harinya? mohon penjelasannya dokter terimakasih.

    Halo mariaelena.......

    terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Pada dasarnya pada wanita yang masih perawan jika melakukan hubungan seksual ataupun memasukkan benda ke dalam vagina untuk pertama kalinya, maka akan terjadi robekan selaput dara sehingga keluarlah pendarahan dari vagina.

    Sama halnya dengan kasus yang Anda alami saat ini, memasukkan jari ke dalam vagina dapat menyebabkan robeknya selaput dara. Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : luka pada vagina, adanya infeksi pada vagina, atau penyebab lainnya.

    Jika Anda khawatir akan hal ini, dan untuk memastikan apakah selaput dara Anda masih utuh atau tidak, Maka segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati