Tanya Dokter

  • Vagina gatal dan bengkak setelah di garuk

  •  Clariz
    Anggota
    Malam dok, Saya berhubungan dengan suami saya dari selasa - kamis, tapi di hari jumat malam dan di malam ini, vagina saya terasa gatal dan bengkak karna saya garuk. Keputihan berwarna putih susu tapi tidak berbau. Setelah berhubungan kemarin saya rutin memakai betadine pembersih yang baru saya beli untuk membersihkan vagina saya. Apa ya dok penyebabnya? Karena betadine yang baru saya coba atau pengaman? Dan ad obat tidak dok yang bisa meringankan gatal ini? Terima kasih

    Halo Clariz, terima kasih atas pertanyaannya. Area kewanitaan merupakan area yang penting untuk dijaga. Gangguan yang timbul pada area tersebut tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Gatal dan bengkak kemerahan disertai ada keputihan bisa disebabkan oleh :

    Gatal dan kemerahan pada daerah kewanitaan paling sering disebabkan oleh infeksi jamur. Daerah kewanitaan merupakan daerah yang memiliki banyak lipatan sehingga akan menyebabkan kulit yang cenderung lembab. Kulit yang lembab dan gelap adalah media pertumbuhan jamur yang baik, sehingga apabila tidak terjaga kebersihannya jamur akan mudah tumbuh. Infeksi jamur biasanya akan menimbulkan gatal yang hebat terutama saat kulit berkeringat, selain itu jamur juga bisa menimbulkan keputihan. Namun selain itu gatal dan kemerahan pada area kewanitaan juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi atau iritasi pada bahan pakaian tertentu. Sebaiknya Anda dapat menemui dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk mengurangi keluhan yang Anda alami dan mencegah infeksi jamur selanjutnya Anda dapat melakukan :

    • mencuci daerah kewanitaan dengan air hangat 
    • menghindari pakaian yang terlalu ketat 
    • menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa