Tanya Dokter

  • Selangkangan dan vagina gatal-gatal

  • mlm dok, saya mengalami gatell pada selangkangan..terus merembet ke vagina dok.. karna vagina gatel" kya seperti bentoll gtuh... pi bentol" itu gak ilang dok ,itu knp ya dok?

    Hai Rikha, Kulit gatal atau pruritus merupakan hal yang sangat sering terjadi. Gatal-gatal yang terjadi dapat mengenai seluruh tubuh atau area tubuh tertentu saja. Gatal yang terjadi biasanya disertai dengan gejala lain seperti ruam dan kemerahan. Pada umunya gatal akan sembuh dengan sendirinya dengan hanya menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran namun ada kalanya gatal yang dialami berlanjut dan harus mendapatkan penanganan lebih lanjut. Pada umunya gatal sangat sering menyerang bagian tubuh yang lembab seperti selangkangan. Pada umunya gatal tersebut diakibatkan oleh jamur (tines cruris). Selangkangan sangat mudah diinfeksi oleh jamur karena areanya yang lembab dan hangat. Area lain yang sering diserang seperti bokong dan paha bagian dalam. Selain infeksi jamur, penyebab lain dari gatal di selangkangan dapat disebabkan oleh iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat, infeksi bakteri pada vagina wanita, kudis dan infeksi bakteri seperti molluscum contangiosum. Bagi mereka yang merupakan pelaku seksual aktif, gatal pada selangkangan bisa terjad akibat penyakit menular seksual seperti herpes genital, sifilis, infeksi kutu dan kutil.     Gatal di vagina dapat disebabkan oleh:

    1. Penggunaan bahan kimia : akibat bahan-bahan kimia yang terdapat pada kondom, krim, sabun,tisu atau oembalut yang digunakan
    2. Infeksi jamur atau kandidiasis vagina : jamur yang tumbuh berlebuhan di vagina dan vulva. Selain gatal, akan terjadi juga pengeluaran cairan putih dari vagina.
    3. Vaginosis bakteri : Biasanya disertai dengan rasa gatal, perih dan keluarnya cairan bau dan tidak sedap dari vagina
    Penyakit menular seksual
      seperi
    herpes
      , klamidia, trikomoniasis dan gonorrhoe
    Menopause
      yang menyebabkan produksi hormon estrogen menurun sehingga vagina menjadi kering dan menipis dan menyebabkan vagina akan sangat mudah terinfeksi bakteri, virus atau jamur.Lichen sklerosis yaitu bercak putih di sekitar kemaluan yang biasanya dialami oleh wanita pada pasca menopause.StressInfeksi cacing kremi yang sering dialami oleh anak-anak perempuanPra kanker
    Sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis kulit agar gatal-gatal yang anda alami diperiksa dengan seksama dan dapat diberikan penanganan lebih lanjut. Sebelum anda ke dokter sebaiknya anda mengingat kapan anda pertama kali merasakan gatal, apa saja gejala lain yang menyertai gatal tersebut seperti nyeri dan panas, apa saja obat-obatan yang sudah anda konsumsi dan anda gunakan untuk mengobati gatal yang anda alami, apakah anda sedang melakukan pola makan tertentu, apakah anda sedang atau baru saja melakukan perjalanan ke suatu tempat. Tips yang dapat anda lakukan agat gatal-gatal di tubuh anda tidak menetap, adalah:
    • Jangan menggaruk area yang gatal cukup hanya mengelus-elus lembut saja
    • Mengurangi konsumsi makanan pedas dan yang mengandung kafein dan minuman beralkohol
    • Kompres bagian yang gatal dengan duk yang sudah dibahasi dengan air dingin
    • Memotong kuku agar memperkecil kemungkinan anda menggarukOleskan losion setiap habis mandiGunakan sabun yang lembutKurangi stressTidak menggunakan barang yang sa,a dengan orang lain seperti handuk, baju, celana dalam, dll
    • Kelola stress
    • Mencuci celana atau pakaian setiap hari
    • Hindari membersihkan organ kewanitaan anda dengan sabun pmbersih berbahan kimia yang tinggi
    • Menggunakan celana dalam berbahan katun dan tidak terlalu ketat
    • Menjaga kebersihan diri
    • dll
    Artikel di bawah ini mungkin dapat membantu anda: Risiko penyakit serius di balik gatal-gatal Menangani vagina gatal Apa penyebab gatal pada selangkangan Semoga membantu dr,Yosephine U L simanungkalit

    pagi dok, saya mengalami gatell pada selangkangan..terus merembet ke vagina dok..karna vagina gatel” kya seperti bentoll bentol”gitu dok? untuk menyembuh kannya dengan memakai obat apa?

    pagi dok . prtnyaan sya sama sprti mbk ini .. nmun yg sya rasakan . stlah bbrp hari stlah mnikah . sya bru mnikah 2 bulan ini . awalnya terasa gatal skli d selangkangan sya mrsa ini hal biasa lalu sya mnggunakan bedak salicyl eh gatalnya mlah trus ke vagina trus ada bintik2 sprti biang keringet gtu . skrng bintik2 ny hilng tp rsa gatal suka sering kli muncul apalagi klo kluar kputihan mlah mkin gtal . trus klo cebok suka terasa mkin gatal dan pedih . knp yah dok ? skrng lg coba pke albothyl . tp shbis pke albothyl emg suka reda gatalnya tp harus pke pembalut . klo gk pke pmblut mlah ttp gatal bngt . mohon d jwb dok ..

    Rikha Chiiemuetz Chichacbi  Dewi Andini
    Anggota

    dok saya mohon prtanyaan saya tlong d jawab