Tanya Dokter

  • vagina mengeluarkan cairan disertai rasa gatal

  • dok, saya mau tanya kalau vagina mengeluarkan cairan yang berwarna kuning dan disertai rasa gatal itu kira-kira disebabkan oleh apa?

    Hai,   Cairan vagina yang normal berwarna jernih dan tidak menimbulkan keluhan baik bau, gatal, perdarahan dll. Jika cairan vagina Anda memiliki perubahan pada warna dan menyebabkan keluhan seperti rasa gatal maka ini merupakan pertanda terjadinya infeksi pada organ intim Anda. Infeksi yang menyebabkan keluhan seperti diatas bisa disebabkan karena :

    1. Infeksi jamur = candida
    2. Infeksi trichomonas
    3. Infeksi gonore
    4. Vaginosis bakteri
    5. dll
    Untuk mengetahui dengan pasti penyebab dari keluhan Anda maka pemeriksaan fisik dan tes medis seperti tes lendir / cairan vagina Anda, tes darah dan tes urine akan diperlukan untuk membantu menemukan penyebab keluhan Anda. Dengan mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda maka penanganan bisa diberikan seoptimal dan sebaik mungkin. Menjaga kebersihan organ intim dengan baik dan tepat, berpantang seks bebas dan melakukan pengobatan sesuai anjuran dokter bisa membantu Anda mengurangi keluhan Anda. Baca topik Keputihan dan mewaspadai cairan vagina yang abnormal. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi