Tanya Dokter

  • Penyebab vagina sakit dan gatal

  •  Yuni nandies
    Anggota
    selamat siang dok .saya mau tnya akhir2 ini miss v saya sering gatal .trus kalo hbis berhub itu perih .trus kalo lagi jongkok di miss v itu kyak ada daging lunak itu ..itu apa ya dok ?waktu sya hbis melahirkan gak di jait sma bidan nya kta nya gak robek ,tpi skrg sya perhatiin mlebar gitu ..

    Halo,

     

    Gatal pada organ intim bisa disebabkan karena beberapa kondisi seperti =

    1. Iritasi organ intim akibat penggunaan celana dalam, pembalut, sabun kewanitaan dll.
    2. Alergi.
    3. Gigitan serangga.
    4. Infeksi jamur.
    5. Infeksi menular seksual lain.
    6. Diabetes.
    7. Gangguan medis lain seperti gangguan tiroid dll.

    Untuk mengetahui sumber penyebab gatal yang Anda alami maka Anda perlu melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter. Dokter akan melakukan tes fisik dan medis seperti analisa cairan vagina, tes kulit sekitar vagina dll. Tes darah juga bisa dilakukan jika dari peemriksaan fisik dokter menduga adanya gangguan medis yang bersifat sistemik (dari dalam tubuh secara menyeluruh).

    Sedangkan mengenai adanya daging lunak pada organ intim Anda perlu dilihat secara langsung. Akan sulit untuk mengetahui jenis keluhan Anda tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung. Segera periksakan kondisi Anda ke dokter. Daging lunak yang Anda kira bisa saja merupakan =

    1. polip vagina.
    2. Mioma geburt.
    3. Kista bartolin.
    4. abses vagina.
    5. Kutil kelamin.
    6. Molluscum.

    Dengan pemeriksaan fisik maka dokter bisa memahami lebih lanjut keluhan Anda dan menjelaskan dengan lebih seksama sesuai dengan tes fisik yang dilakukan. Dengan demikian pula dokter bisa memberikan pengobatan yang sesuai.

    Jaga kebersihan organ intim, gunakan celana dalam katun, hindari menggunakan pembalut yang menimbulkan keluhan tidak nyaman, pastikan kondisi organ intim selalu kering.

    Minum antihistamin jika perlu untuk meredakan gatal. Lakukan rendam duduk dengan antiseptik dan air hangat suam kuku untuk melakukan pembersihan organ intim juga dianggap bisa membantu.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi