Tanya Dokter

  • Vagina terasa dangkal

  • Pagi dok, dok knp ya vagina saya trasa dangkal. Dulu kalo datang bln tuk mngtaui dh bersih pa blm suka saya korek dan benjoln bulat yg di ujung tu suka tidak terai oleh jari tengah saya tp pas kmren saya korek tuk mengetaui dh bersih pa blm pas habis dtng bln benjolan bulat yg di dlmnya terasa dn sangat dekat sekali bahkan jari telunjuk blm masuk setenghnya sudah tersentuh kenapa ya dok??? Wajar atau tidak. Terimakasih dokter di tunggu jawabanya.

    Halo,   Pada dasarnya ukuran kedalaman vagina seharusnya tidak berkurang secara mendadak tanpa sebab yang jelas. Secara anatomi kedalamana liang vagina wanita asia berkisar 8-10 cm tergantung dari tinggi badan dan genetik masing masing individu. Jika sekarang Anda mendapati mudahnya memegang mulut rahim (servik) dengan ujung jari Anda, maka sebaiknya Anda memeriksakan secara seksama kesehatan organ reproduksi Anda untuk mengetahui penyebab dengan jelas. Beberapa kemungkinan penyebab keluhan Anda antara lain adalah :

    1. Adanya mioma geburt.
    2. Polip  pada mulut leher rahim yang menjorok ke vagina.
    3. Tumor pada leher rahim.
    4. Prolaps uteri ( rahim turun )
    5. dll.
    Memastikan penyebab ini akan membutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter kandungan, selain itu tes medis lain seperti pemeriksaan spekulum, USG dll akan diperlukan juga untuk memperjelas kondisi Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka Anda akan mendapatkan jawaban yang Anda cari tahu dan mendapatkan pengobatan yang sesuai. Baca artikel Ukuran vagina. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi