Tanya Dokter

  • Vaksin yang tepat diberikan sebelum menikah

  •  Noor hayati
    Anggota

    Dear Dokter,

    1 bulan lagi saya akan menikah, vaksin apa yg harus saya jalani dok? lalu apa efek dari vaksin tersebut?

    terima kasih.

    Halo Noor......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa vaksin sebelum menikah sebenarnya tidak diwajibkan, namun dianjurkan sangat kuat untuk dilakukan. Jika tidak divaksin, maka tidak akan terbentuk antibodi perlindungan pada tubuh seseorang yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit.

    Pada pasangan yang ingin menikah dan memiliki keturunan, beberapa penyakit dapat menular saat kehamilan dan jika Anda tidak terlindung maka bisa menimbulkan Kecacatan pada bayi yang dikandung. Pada beberapa jenis vaksin juga tidak dapat di berikan pada kondisi sedang hamil karena dapat menularkan penyakit ke bayi yang dikandungnya.

    Berikut ini beberapa jenis vaksin yang dapat diberikan sebelum menikah, diantaranya adalah : vaksin HPV === diperuntukkan dalam mencegah kanker serviks pada wanita, vaksin hepatitis A dan B, vaksin cacar air === ditujukan untuk mencegah penularan saat hamil kembali yang di kandung, vaksin MMR === untuk mencegah rubella saat kehamilan yang dapat menyebabkan bayi lahir cacat dan mencegah kemandulan pada pria atau wanita, vaksin TT.

    Kami menyarankan apabila memang Anda ingin melakukan vaksinasi sebelum menikah, segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan akhirnya pemberian vaksin dapat dilakukan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati