Tanya Dokter

  • Pemberian vaksin hepatitis B untuk hasil lab HBsAg non reaktif

  • selamat malam dok, saya mau tanya, th 2009 lalu saya pernah cek lab hbsag dan hasilnya reaktif, tahun 2017 ini saya cek lagi dan hasilnya hbsag non reaktif. selama waktu tersebut saya tidak pernah ada keluhan dan tidak melakukan pengobatan apapun. apakah dengan hasil hbsag non reaktif saya ini saya bisa mengikuti vaksinasi hepatitis? misal saya ikut vaksin apakah bisa timbul infeksi dari hepatitis itu sendiri atau tidak?terima kasih

    Halo, Erika Nurlaili.

    HBsAg (Hepatitis B Surface Antigen) dan Anti HBs (Hepatitis B Surface Antibody) merupakan dua parameter pemeriksaan yang sering digunakan untuk mendiagnosis hepatitis B, di mana hepatitis B ini merupakan penyakit infeksi pada hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis B.

    HBsAg positif atau reaktif menunjukkan bahwa penderita pernah terinfeksi hepatitis B sebelumnya. HBsAg yang tetap reaktif setelah 6 bulan sejak terdiagnosis menunjukkan terjadinya penyakit Hepatitis B kronis. Sebaliknya, HBsAg non reaktif berarti pasien tidak mengalami Hepatitis B.

    Anti HBs merupakan tanda dari adanya sistem kekebalan tubuh terhadap virus Hepatitis B. Anti HBs yang positif atau reaktif dapat berarti dua hal. Pertama, dapat berarti bahwa pasien pernah terinfeksi virus Hepatitis B dan sudah teratasi. Kedua, dapat juga menunjukkan pasien pernah mendapat vaksin Hepatitis B. Jadi pada kasus Anda dimana Anti HBs menunjukkan hasil non reaktif, berarti anda tidak pernah terinfeksi Hepatitis B dan tidak pernah mendapatkan vaksin Hepatitis B.

    Berdasarkan keterangan yang Anda berikan di atas, maka Anda bisa mendapatkan vaksin Hepatitis B karena seseorang yang sudah melakukan pemeriksaan laboratorium dan terbukti tidak pernah terinfeksi virus Hepatitis B boleh mendapatkan vaksin Hepatitis B sebagai tindakan pencegahan.

    Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.

    dr Taneya Putri Zahra