Tanya Dokter

  • Waktu pemberian yang tepat untuk vaksin hepatitis B

  •  puspo
    Anggota

    Pagi Dok,

    Saya mau tanya, berapa lama (hari) toleransi keterlambatan suntik vaksin hepatitis b dari suntikan ke 1 ke 2 atau dari 2 ke 3?

    Salam,

     

    Halo Puspo, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Angka kejadian infeksi hepatitis B masih cukup tinggi di Indonesia, sehingga pemberian imunisasi masih diwajibkan untuk bayi baru lahir dan dilakukan pengulangan pada saat seseorang beranjak dewas terutama mereka yang beresiko terinfeksi misalnya orang-orang yang bekerja di bidang medis ataupun yang bekerja dengan paparan orang banyak. 

    Pemberian vaksin hepatitis B pada orang dewasa dilakukan sebanyak 3 kali. Dimana jeda antara vaksin pertama kedua adalah 4 minggu dan selanjutnya vaksin ke dua dan ke 3 dalam rentang waktu 5 bulan. Kondisi ini juga sangat bergantung dari orang yang menerima vaksin apakah beresiko atau tidak. Jika seseorang beresiko maka dapat disesuaikan dosis dan jadwal pemberiannya, dimana perlu konsultasi langsung dan berdasarkan hasil pemeriksaan darah sebelumnya.  Keterlambatan dari vaksin 1 dan waktu vaksin kedua maka dapat menyebabkan vaksin pertama tidak bekerja dengan optimal sehingga kemungkinan dilakukan pengulangan dari vaksin pertama. Namun, semuanya itu berdasarkan hasil konsultasi Anda dengan dokter selanjutnya. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi