Tanya Dokter

  • Waktu yang tepat untuk pemberian vaksin hepatitis B

  •  Ilham Wahyudi
    Anggota
    Slmt mlam dr. Sya mau tanya.. tgl 28 oktober kmarin sya vaksin hepatitis b, ttapi saya gak cek drah sblum vaksin. Jdi saya gak tau reaktif atau non reaktif. Gimana solusinya dokter? Ap sya prlu cek darah dulu sblum lanjut vaksin yg kedua?

    Halo Ilham, 

    Hepatitis B merupakan penyakit peradangan hati akibat infeksi virus hepatitis B (HBV). Penyakit ini tergolong penyakit serius yang bisa membahayakan nyawa pasiennya bila tidak segera ditangani. Infeksi jangka panjang oleh virus ini berpotensi menimbulkan sirosis, kanker hati, hingga gagal hati.

    HBV menyebar melalui darah dan cairan tubuh lainnya. Secara umum, berikut beberapa rute penyebarannya :

    • hubungan seksual tanpa pengaman (kondom) dengan penderita hepatitis B reaktif
    • berbagi jarum suntik, tindik, hingga tato
    • ibu ke bayinya

    Namun, Anda tidak perlu khawatir, penyebaran HBV bisa dicegah melalui vaksinasi hepatitis B. Vaksin ini bisa diperoleh di berbagai rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya. Vaksin diberikan dalam setidaknya tiga dosis, yaitu bulan ke-0, ke-1, dan ke-6.

    Sebelum melakukan vaksin, petugas kesehatan akan memeriksa status infeksi Anda, melalui parameter HbsAg. Bila menunjukkan hasil positif, menandakan virus sudah ada dalam tubuh, sehingga tidak memerlukan vaksin. Sebaliknya, bila hasil negatif atau belum pernah terpapar virus, maka vaksin diberikan sesuai aturan di atas.

    Mengenai permasalahan yang Anda hadapi, sebaiknya periksakan dahulu status infeksi Anda sebelum melakukan vaksinasi lanjutan. Bila ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara langsung..

    Semoga bermanfaat ya

    dr. Lili