Tanya Dokter

  • Bolehkah vaksin HPV jika belum menstruasi?

  •  evi rose
    Anggota

    apaboleh vaksin hpv kalau belum datang haid???

    Hai Evi, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Perlu untuk diketahui, vaksinasi HPV bertujuan untuk memberi perlindungan terhadap virus HPV. Virus HPV ini dapat menyebabkan kanker serviks dan kutil kelamin. Vaksinasi HPV disarankan bagi wanita dan pria usia subur. Vaksin HPV pada wanita diberikan dalam 3 dosis, yakni bulan pertama, 2 bulan setelah vaksin pertama, dan 6 bulan setelah vaksin pertama. 

    Apakah yang Evi maksud dengan belum datang haid itu sedang tidak menstruasi atau belum sama sekali mendapatkan menstruasi?

    Vaksin ini memang sangat dianjurkan pada kelompok wanita remaja, usia 9-14 tahun (usia yang direkomendasikan CDC yakni 11-12 tahun) yang belum pernah melakukan hubungan seksual. Jika termasuk kelompok umur ini, maka vaksin pertama sudah dapat diberikan. Namun, sebelum mendapatkan vaksin sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

    Jika Anda sudah menstruasi, vaksin ini tentu saja dapat diberikan meski Anda tidak dalam keadaan menstruasi. Namun, apabila Anda sudah pernah berhubungan intim disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan vaksin. Dokter akan menganjurkan Anda untuk melakukan papsmear sebagai deteksi dini kanker serviks sebelum vaksin diberikan. Jika hasilnya baik, maka vaksinasi dapat diberikan pada Anda.

    Artikel mengenai HPV dan vaksin HPV dapat dibaca sebagai tambahan.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Sonia L