Tanya Dokter

  • Dampak pemberian vaksin rabies yang tidak dilanjutkan

  • Siang dok,sy mau brtnya anak sy digigit anjing kecil tgl 11 mei tp tdk mengalami demam atau semacam gejala lain namun sy tetap memberikan vaksin 2 kali yg pertama,lukanya memang kecil dan kering dgn cpt saat ini sy tdk melanjutkan vaksin yg 4 kali berikutnya apa kah itu waajib atau berbahaya jika tdk sy lanjutkan..mksih dok sebelumnya..

    Hallo Rollyn

    Pertama-tama harus dipastikan dahulu apakah suntikan yang dilakukan tersebut adalah serum anti rabies (SAR) atau vaksin rabies, karena keduanya adalah hal yang berbeda.

    Serum anti rabies (SAR) adalah pemberian imunoglobulin langsung terhadap mereka yang habis terkena gigitan hewan yang terduga rabies. Gunanya adalah memberikan kekebalan langsung terhadap infeksi rabies, namun kekebalan ini hanya bersifat singkat.

    Sedangkan vaksin rabies diberikan dengan tujuan tubuh membentuk daya tahan tubuh terhadap jenis infeksi yang dimaksud, sehingga kekebalan yang dimiliki jauh lebih lama daripada pemberian SAR namun kekebalan ini tidak didapat instant seperti SAR, dan membutuhkan waktu bagi tubuh untuk memiliki kekebalan tersebut.

    Pada mereka yang telah terkena gigitan namun belum vaksin dulunya akan diberikan 4x suntikan yaitu 2 suntikan sekaligus pada hari pertama kemudian di susul suntikan ke 3 pada hari ke 7, dan ke 4 pada hari ke 21. Jika program vaksin ini yang anak Anda jalani, maka sangat disayangkan jika tidak diselesaikan, karena manfaatnya untuk benar-benar membentuk daya tahan tubuh terhadap infeksi rabies tidak sempurna.

     

    Pada mereka yang telah terkena gigitan namun dulunya sudah sempat vaksin hanya perlu mendapatkan 2 suntikan saja yaitu pada hari pertama dan hari ke 3.

    Sedankan pada mereka yang belum terkena gigitan pemberian vaksin rabies diberikan dalam 3x (vaksin dasar) yaitu pada pemberian suntikan pertama, kemudian 7 hari setelah suntik pertama, dan 21/28 hari setelah suntikan pertama, agar vaksin tersebut benar-benar dapat membentuk kekebalan tubuh yang baik terhadap infeksi rabies.

     

    Jika sudah menyelesaikan 3x suntik vaksin rabies dasar tersebut barulah mungkin direncanakan pemberian pemberian vaksin lanjutan, gunanya adalah agar kekebalan terhadap rabies tetap terjaga. program vaksin ini tidak wajib kecuali pada mereka yang termasuk dalam risiko terkena rabies seperti

    • Tinggal di daerah yang tingkat rabiesnya tinggi
    • Pencinta alam yang sering menjelajahi hutan dan gua
    • Peneliti hutan
    • Petugas kebun bintanga
    • Dokter hewan dan juga pekerja di toko/klinik hewan

    Sedangkan untuk pemilik hewan seperti anjing, kucing, dan kera sebaiknya memvaksin hewannya agar tidak tertular rabies.

    Bahaya atau tidaknya belum bisa dipastikan, karena belum diketahuinya kondisi anjing yang mengigit apakah benar-benar terkena rabies? yang diberikan pada anak Anda apakah SAR atau vaksin pasca pajanan? dan bagaimana kondisi kesehatan anak Anda sendiri. Jangan ragu untuk memeriksakan dokter secara langsung untuk mengkonsultasikan kondisi anak Anda pasca gigitan anjing tersebut.

    Demikian informasi yang dapat disampakan

    dr. Arnold