Tanya Dokter

  • vaksin sebelum menikah dan dampaknya terhadap kehamilan

  • Sore dok, Saya punya sodara tp malu untuk menayakan masalah yg sedang ia hadapi, Saya mewakili sodara saya mau tanya ? 1. Apakah di haruskan vaksin sebelum menikah ? Klo tidak vaksin dampaknya apa ? 2. Klo misalkan hamil sebelum menikah tetap di haruskan untuk vaksin jg apa tidak ? 3. Klo si wanita lg hamil melakukan vaksin apa pengaruh baik/buruknya buat si jabang bayi nya ? Segitu aja pertanyaan saya mewakili org" yg ingin tau masalah ini, di tunggu jawabannya dok. TERIMA KASIH.

    Hai,   1) Vaksin sebelum menikah tidak diwajibkan namun dianjurkan sangat kuat untuk dilakukan. Jika tidak divaksin maka tidak akan terbentuk antibodi perlindungan pada tubuh seseorang yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit. Pada pasangan yang ingin menikah dan memiliki keturunan beberapa penyakit bisa menular saat kehamilan dan jika Anda tidak terlindung maka bisa menimbulkan kecacatan pada bayi yang dikandung. Beberapa jenis penyakit juga bisa menyebabkan infertilitas / gangguan kesuburan dll. 2) Tidak. Pada beberapa jenis vaksin tidak bisa diberikan pada kondisi sedang hamil karena bisa menularkan penyakit ke bayi yang dikandungnya. Beberapa jenis vaksin yang biasa diberikan sebelum menikah antara lain adalah :

    1. Imunisasi HPV = diberikan 3 kali (0 bulan-1/2 bulan-6 bulan). Vaksin ini diperuntukkan dalam mencegah kanker serviks pada wanita.
    2. Imunisasi Hepatitis A dan B =diberikan 3 kali dengan jadwal yang sama seperti vaksinasi HPV. Sebelum memvaksin sebaiknya dilakukan pemeriksaan darah Hbs Ag dan Anti HbS.
    3. Imunisasi Varicella / cacar air = diberikan 1 kali untuk mencegah penularan saat hamil ke bayi yang dikandung. Tidak bisa diberikan saat hamil.
    4. Imunisasi MMR = diberikan 1 kali. Untuk mencegah Rubella saat kehamilan yang bisa menyebabkan bayi lahir cacat dan mencegah infertilitas pada pria/ wanita. Tidak bisa diberikan saat hamil.
    5. Imunisasi TT = diberikan 1 kali dan sudah menjadi tidak wajib lagi. Dulu diberikan pada saat banyak ibu melahirkan di dukun beranak yang melakukan pemotongan tali pusat dengan alat yang tidak steril.
    3) Beberapa pemberian vaksin saat hamil bisa menyebabkan bayi tertular penyakit dari vaksinasi tersebut. Maka sebaiknya tanyakan dengan dokter kandungan Anda sebelum melakukan vaksinasi. Namun ada juga beberapa vaksin yang tidak bermasalah diberikan saat hamil. Hal ini bahkan bisa memberikan antibodi langsung ke bayi yang dikandung sang ibu agar terlindung dari penyebab penyakit.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi