Tanya Dokter

  • Cara penanganan luka digigit anjing selain vaksin

  • Dok, seminggu yg lalu anak saya diinjak anjing dan terluka akibat kena kuku anjing tpi saat sya bwa kebalai pngobatan disana hanya dibrikan penanganan awal yaitu dicuci dgn sabun dan air mengalir krna info dri perawat bahwa vaksin sangat langka dan diRS jg tdk ada. Sekarang anak sya panas, batuk dan pilek, apakah ada cara. lain utk penanganan agar tdk terkena rabies??

    Hai Satu-satunya cara untuk pencegahan terkena rabies bila anjing yang menggigit dicurigai terkena rabies adalah dengan VAR (vaksin anti rabies) yang diberikan bertahap. Ada beberapa keadaan atau lokasi yang sulit menemukan vaksin anti rabies dikarenakan pasokan stok. Penanganan awal yang telah anda berikan adalah benar, yaitu dengan mencuci luka dengan air mengalir dan sabun. Biasanya penularan rabies lebih pada gigitan luka yang dalam dimana masuknya air liur anjing yang terinfeksi rabies ke dalam pembuluh darah. Biasanya dicurigai terkena rabies dan wajib diberikan VAR (vaksin anti rabies) bila:

    • Sedang endemis (kejadian tinggi) penyakit rabies pada suatu daerah
    • Tergigit oleh anjing liar
    • Anjing yang menunjukan gejala rabies seperti: agresif, takut air, ekor dijepit diantara 2 kaki, liur berlebih, mata merah, dan ditemukan mati setelah beberapa hari menggigit.
    Panas disertai batuk pilek dapat disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas. Untuk mengetahui pastinya diperlukan pemeriksan lebih lanjut oleh dokter. Informasi mengenai penanganan rabies dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Penanganan rabies. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william