Tanya Dokter

  • Vaksinasi Thypoid

  •  Choiriyah
    Anggota

    Siang Dok...

    Anak saya usia 3 tahun 9 bulan, tapi sudah 4 kali sakit types. Sudah berbagai cara saya lakukan ternyata gagal. Setelah saya cari di internet, ternyata ada yang namanya vaksinasi thypoid.

    Nah kalo saya ingin memberikan vaksinasi thypoid kepada anak saya, kapan ya Dok waktu yang tepat? mengingat baru seminggu ini anak saya sembuh dari types.

    Mohon jawabannya Dok...

    Terima kasih.

    Halo,   Vaksinasi thypoid biasa diberikan sebagai pencegahan kepada orang yang belum sakit atau orang asing yang berniat masuk kedaerah endemis. Mengingat kondisi anak Anda yang sering sekali jatuh sakit akibat thypoid maka tindakan vaksinasi bisa juga dipertimbangkan dengan memperhatikan beberapa aturan yakni :

    1. Usia anak > 2 tahun.
    2. Tidak sedang dalam kondisi sakit
    3. Tidak memiliki alergi terhadap komponen vaksin
    4. Tidak sedang mengkonsumsi antibiotik, antiradang, steroid dll.
    Terdapat 2 jenis vaksinasi thypoid yakni vaksin yang terdiri dari bakteri hidup (pemberian dalam bentuk oral ) dan  vaksin yang berisi bagian bakteri yang sudah dilemahkan (injeksi). Untuk kasus anak Anda sangat disarankan bentuk vaksin yang injeksi agar tidak memperburuk kondisi. Untuk kapan waktu yang tepat maka Anda sebaiknya mengkonsultasikan kesehatan anak Anda terlebih dahulu kepada dokter anak. Jika dokter anak menilai kondisi anak Anda cukup sehat untuk mendapatkan vaksin dengan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung maka vaksinasi dapat diberikan. Vaksinasi ini diberikan sekali dan dapat bertahan selama 3 tahun. Kadang diperlukan booster setelah 3 tahun. Baca artikel Vaksinasi thypoid. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi