Tanya Dokter

  • Varikokel dan pengobatannya

  •  Ahmad Susanto
    Anggota

    selamat pagii doc, Doc saya kan mau jadi TENTARA tempo hari saya chek up d salah satu rumah sakit tentara pas chek up kata dokter yang meriksa saya, saya kata nya kena varikokel :( varikok itu apa sich doc? bisa gak di sembuh kan? Terima kasih doc :)

    Hai Ahmad Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena pada daerah testis dalam kantong skrotum (buah zakar). Ini serupa dengan varises pada pembuluh darah kaki namun pada varikokel terletak di dalam kantong zakar. Varikokel kecil yang tidak ada gejala, tidak memerlukan penanganan apapun, cukup dilakukan pemeriksaan berkala apakah bertambah besar atau tidak dan apakah adanya gejala yang timbul Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah varikokel bertambah besar, antara lain:

    • Hindari berdiri terlalu lama
    • Menggunakan penyangga kantong zakar seperti yang digunakan oleh atlit
    • Jika ada sedikit nyeri, konsumsi obat pengurang nyeri seperti paracetamol, jika tidak ada kontraindikasi
    Umumnya varikokel tidak berbahaya. Pada varikokel dengan gejala yang memberat, terjadi infeksi, serta berpotensi menyebabkan ketidaksuburan maka dipertimbangkan untuk dilakukannya operasi pada varikokel antara lain: Informasi serta diskusi mengenai varikokel dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Apa itu varikokel? Bagaimana penanganan varikokel? Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william