Tanya Dokter

  • Jenis-jenis varisella

  •  Wahyuwidia
    Anggota
    Selamat malam Dok saya mau tanya jenis-jenis varisella itu apa aja dok Dan apa perbedaan dari setiap jenisnya dok Terimakasih dok

    Halo Wahyu

    Terima kasih telah bertanya pada Alodokter

    Varisella atau yang dikenal di masyarakat umum dengan cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Gejala yang paling khas dari kondisi ini adalah kemunculan ruam pada kulit sebagai gejala utama yang kemudian ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal dan akan mengering dalam waktu 7-14 hari.

    Virus cacar ini sendiri nantinya akan melemah namun tidak hilang dari tubuh. Virus ini akan diam di persarafan manusia sehingga apabila nanti ketika sistem kekebalan tubuh manusia tersebut menurun, virus ini akan dapat menimbulkan gejala berupa bintik-bintik berair pada lokasi tertentu alur dari persarafan, tidak seperti cacar air yang menimbulkan gejala di seluruh tubuh. Kondisi ini disebut dengan herpeszoster. Untuk jenisnya sendii sampai saat ini varisella masih memiliki satu jenis varian yaitu varicella zoster dan jenis penyakitnya pun hanya satu yaitu cacar air atau varisella, dan ketika terjadi kekambuhan disebut dengan herpes zoster.

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Satya Sueningrat