Tanya Dokter

  • Penyebab ruam merah pada bayi

  • dr. mau tanya anak saya usia 1,5 tahun 2 hari lalu demam dan baru tumbuh gigi bawah yg ke 3, terus kemarin muncul merah-merah ditelapak kaki dan tangan, pantat, lengan, paha, lulut serta dipunggung, sering di garuk mungkin gatal. sekarang udah gak demam.. waktu demam kemarin cuma dikasi pct. itu kenapa ya dan terapinya apa... terima kasih

    Halo, Kristina. Ruam kemerahan pada bayi dapat disebabkan oleh :

    • Normal. Pada keadaan suhu panas.
    • Cacar air. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus yang sangat umum, serta menyebabkan bercak merah dan gatal di daerah dada dan punggung. Tapi bisa juga timbul diseluruh bagian tubuh. Bercak merah tersebut lama kelamaan akan berubah menjadi bintil seperti tetesan air yang kemudian mengering dan menjadi koreng. Biasanya anak akan merasa tidak enak badan sebelum bercak tersebut muncul.
    • Exantema Subitum. Kelainan yang disebabkan karena infeksi virus inilah yang paling sering terjadi yang sering dianggap campak. Pada kelainan ini biasanya demam 1-3 hari setelah demam hilang baru timbul bercak kemerahan diseluruh tubuh yang mirip campak. Setelah timbul dalam 2-3 hari akan hilang tidak membekas. Bedanya pada campak bercak merah timbul demam masih terjadi, seminggu setelah itu timbul bekas kehitaman pada bercak merah yang ada. Kelainan ini sering dialami pada penderita alergi dengan riwayat kulit yang sangat sensitif.
    • Rubela. Rubela atau dikenal juga dengan nama Campak Jerman adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Rubella. Virus biasanya menginfeksi tubuh melalui pernapasan seperti hidung dan tenggorokan. Anak-anak biasanya sembuh lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Penyakit ini sering ringan dan serangan sering berlalu tanpa diketahui.
    • Campak (Rubeola, Campak 9 hari, measles) adalah suatu infeksi virus yang sangat menular, yang ditandai dengan demam, batuk, konjungtivitis (peradangan selaput ikat mata/konjungtiva) dan ruam kulit. Penyakit ini disebabkan karena infeksi virus campak golongan Paramyxovirus. Penularan infeksi terjadi karena menghirup percikan ludah penderita campak. Penderita bisa menularkan infeksi ini dalam waktu 2-4 hari sebelum rimbulnya ruam kulit dan 4 hari setelah ruam kulit ada.
    • DBD. Pada awal perjalanan penyakit DBD pada hari ke 1-4 kadang juga disertai bercak kemerahan yang mirip campak. Bercak merah ini biasanya akan hilang setelah hari ke 5-7. Manifestasi ini sering dialami pada penderita alergi dengan riwayat kulit yang sangat sensitif
    • dan sebagainya

    Namun sebaiknya untuk menentukan penyebab pasti dari ruam tersebut harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Selain itu dokter nantinya akan melakukan pemeriksaan lain yang dirasakan perlu. Pada dasarnya apabila anak demam tinggi maka harus diberikan obat penurun panas seperti paracetamol untuk menurunkan panasnya. Apabila demam terlalu tinggi maka dapat menyebabkan kejang pada bayi yang dissebut juga dengan kejang demam. Hal yang bisa Anda lakukan sekarang adalah :

    • Rajin menyusui anak
    • Kompres dengan air hangat
    • Jangan memberi pakaian yang berlapis tebal pada anak.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S