Tanya Dokter

  • Solusi efektif penanganan varises

  • Selamat siang dok, saya kemarin melakukan cek fisik disuatu klinik, dan didiagnosis kena varises grade 1 apa ya maksudnya itu? Kemudian cara yg efektif agar varises itu hilang gimana ya selain suntik dan operasi? Terimakasih

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Varises merupakan suatu kondisi dimana terjadi pembengkakan dan pelebaran pada pembuluh darah vena. Varises bisa terjadi di semua pembuluh vena pada tubuh, namun kondisi ini paling sering terjadi di kaki (terutama betis) karena tekanan yang besar saat kita berdiri atau berjalan. Jika terjadi keluhan seperti nyeri atau perih di kaki akibat penyakit ini dan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, maka segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lanjutan. Penyakit varises yang masih tergolong ringan sebenarnya masih dapat diobati sendiri di rumah tanpa harus ke rumah sakit. Tujuan pengobatan secara mandiri ini bertujuan meredakan gejala penyakit varises, mengurangi tingkat keparahannya, serta mencegah terjadinya komplikasi. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan guna mengatasi varises di rumah, seperti :

    • Menjaga berat badan tetap ideal
    • Rutin berolahraga
    • Hindari berdiri terlalu lama
    • Istirahatkan kaki dengan meluruskannya dan posisi agak diangkat atau diberi bantalan penyangga
    • Gunakan stoking atau bebat kompresi khusus untuk varises

    Pada kondisi Anda yang masih tergolong ringan atau derajat 1, penanganan diatas dapat dilakukan dahulu. Namun, jika keluhan bertambah atau tidak mengalami perubahan tertentu pada penyakitnya, maka disarankan agar segera memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan lanjutan seperti injeksi skeloterapi, laser, hingga bedah terbuka. Pemilihan terapi akan disesuaikan dengan kondisi Anda saat ini.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti