Tanya Dokter

  • Garis merah yang agak menonjol pada betis, pinggul dan bokong

  •  Kelsea Raisa
    Anggota
    Halo dok... Saya Kell usia 16 tahun, saya ingin menanyakan mengenai garis merah yang agak menonjol di betis, pinggul, dan bokong saya... Tambahan lagi, saya tidak mengalami overweight atau apapum itu, sedangkan garis garis tersebut baru muncul setelah saya mengikuti kegiatan marching band dan paskibra di sekolah saya... Apakah berhubungan dengan kegiatan tersebut ya dok?? Terima kasih :)

    Hai Kelsea,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Keluhan berupa terdapatnya garis merah yang adak menonjol pada bagian betis, pinggul dan bokong dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti yang Kamu sebutkan, untuk memastikannya diperlukan anamnesis (Tanya jawab Dokter-Pasien), pemeriksaan fisik, dan bila perlu pemeriksaan penunjang seperti USG Doppler. Alangkah baiknya Kamu saat ini ke Dokter ya, Informasi penting yang dibutuhkan Dokter dalam membantu menengakkan diagnosis adalah menanyakan apakah Kamu mengalami perubahan berat badan yang drastis akhir-akhir ini? Baik itu penambahan berat badan ataupun penurunan berat badan. Selain itu dibutuhkan juga infromasi mengenai apakah Kamu sering berdiri lama? (Kemungkinan jawabannya ya, karena aktivitas Kamu), Apakah Kamu memiliki riwayat penyakit gangguan penggu,palan darah? Setelah dilakukan anamnesis, Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik.

    Varises merupakan pelebaran pembuluh darah vena yang biasanya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah, umumnya dicetuskan oleh berdiri lama. Pembuluh vena berfungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam pembuluh vena, ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah agar darah yang sudah melewatinya tidak dapat kembali lagi. Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena.

    Strech mark merupakan guratan pada kulit dimana lemak terkonsentrasi (menumpuk). Misalnya pada bokong, perut, payudara. Ketika kulit meregang dengan cepat akibat anggota tubuh mengembang atau pertambahan berat badan, lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan, inilah yang muncul sebagai strech mark.

    Upaya disamping ke Dokter:

    • Hindari berdiri lama
    • Perbanyak minum
    • Perbanyak asupan buah dan sayur
    • Rutin berolahraga
    • Jaga agar berat badan tetap ideal

    Sekian semoga bermanfaat,

    dr. Annes