Tanya Dokter

  • Varises pada batang penis

  •  ikhwan
    Anggota

    Yth Dokter

    saya mau bertanya, saya seorang pria lajang, 27 th, pertanyaannya :

    1. sekitar 1 tahun ke belakang ereksi saya kok lemah dan gak tahan lama ya dok, padahal saya sudah menghindari stres dan rajin olahraga (minimal 2 mggu sekali),, kenapa ya dok?

    2. pada batang penis saya terdapat lumayan banyak pembuluh vena yang menonjol dan berkelok serta berwarna biru kehijauan (Seperti varises), apakah ini yang menyebabkan ereksi saya lemah??apakah ini berbahaya??

    3. untuk pertanyaan no 1 dan 2 apakah secara ilmu medis dapat disembuhkan??

    catatan : saya gak punya riwayat penyakit jantung, DM, dan hipertensi.

    atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.

    Selamat pagi Ikhwan, 1. Gangguan ereksi pada pria dapat ditandai dengan ereksi yang lama, ereksi yang lebih sering dari biasanya, dan ereksi yang kurang kokoh sehingga mengganggu dalam hubungan seksual. Beberapa penyebab yang dapat memicu diantaranya :

    • Adanya penyakit yang mendasari
    • Ketidakseimbangan hormon
    • Alasan psikologis
    • Efek obat-obatan
    • Cidera fisik
    • Efek tindakan operasi seperti operasi pada otak
    Gangguan ereksi dapat mengganggu hubungan dengan pasangan sehingga diperlukan pemeriksaan yang detail dan menyeluruh untuk menentukan penyebab utama. Jika sudah diketahui penyebab pasti maka dokter akan memberikan terapi yang sesuai. Penanganan secara dini diperlukan untuk meningkatkan kualitas dalam berhubungan dengan pasangan. 2. Pelebaran pembuluh darah disebut dengan varikokel, namun kondisi ini terjadi pada kantung zakar atau skrotum. Jika pelebaran pembuluh darah terjadi pada batang penis dan saat Anda sedang ereksi, maka hal ini termasuk wajar. Saat ereksi, darah mengalir dan memenuhi pembuluh darah pada daerah penis sehingga pembuluh darah penuh dan melebar. Apabila terjadi pelebaran pembuluh darah akibat gangguan pada katup pembuluh darah, maka penderita akan merasakan nyeri. Nyeri dirasakan saat berdiri dan beraktifitas namun hilang saat istirahat. Kedua hal diatas dapat berhubungan satu sama lain, namun untuk memastika kondisi tersebut sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter. Agar dokter dapat melakukan pemeriksaan yang berkaitan dengan keluhan yang Anda rasakan. Terapi yang sesuai akan diberikan setelah diagnosis ditegakkan. Baca artikel terkait : semoga membantu, dr. Tantya Marlien

    ikhwan  yugia
    Anggota

    Yth Dokter Saya mengalami varises di batang penis , sama seperti sdr,Ikhwan,di atas. bedanya: 1. pembulu vena nya yang berkelok2 bila diraba terasa keras/ tidak empuk. 2. Di batang penis sisih samping kanan ada rasa ngilu sedikit, dan bila ditekan2 atau kena gesekan (senggama) cenderung bengkak. tapi setelah didiamkan 1-2 jam bengkaknya kempes kembali. Saya harus berobat ke dokter spesial apa ? dan apakah bisa terjadi putus pembulu darah vena nya ? akibat paling buruknya apa kasus saya ini ? terimakasih.