Tanya Dokter

  • prosedur operasi vasektomi

  •  Anicea Widodo
    Anggota
    Dok,mau tannya.... Kb vasektomi itu mlakukan oprasi kecil kan.dan d salah satu buah zakar.y saya tanyakan,d buah zakar sbelah kiri apa kanan ya dok?

    Hallo Anicea Widodo

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Vasektomi adalah prosedur kontrasepsi pada pria dengan cara memutus penyaluran sperma pada air mani. Dalam prosedur ini, saluran yang membawa sperma dari testis dipotong dan diikat guna mencegah sperma menjangkau air mani yang dikeluarkan saat ejakulasi dalam hubungan seksual. Vasektomi bisa disebut juga sebagai sterilisasi atau kontrasepsi permanen pada pria. Karena sperma dibentuk pada kedua buah zakar (testis) dan masing-masing memiliki saluran untuk menyalurkan sperma yang telah dibentuk, maka prosedur vasekstomi dilakukan pemotongan dan pengikatan kedua saluran sperma ini, baik pada saluran buah zakar kiri maupun pada saluran buah zakar kanan. Jadi memang berbeda seperti pemahaman yang anda miliki, bahwa vasektomi dilakukan pada salah satu sisi buah zakar saja. Jika dilakukan pada salah satu sisi, maka sperma akan tetap disalurkan pada saat ejakulasi, sehingga kehamilan tetap bisa terjadi. Seperti yang anda pahami, prosedur vasektomi ini sangat aman, sederhana dan efektif. Dimana memakan waktu operasi yang singkat dan hanya menggunakan anastesi lokal. Meskipun jenis operasinya sederhana, tindakan vasektomi tetap harus dilakukan pada ruangan operasi atau ruang pembedahan yang memadai.

    Untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut anda bisa berkonsultasi pada dokter bedah yang akan melakukan tindakan vasektomi tersebut.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

    dr. Aldy Valentino