Tanya Dokter

  • Pengertian vdrl1:2 pada tes kesehatan

  •  Ellina Tan
    Anggota

    Dok sy mau tnya ap mksut dri Vdrl1:2, dan saya tdk punya gejala apa pun, pas saya tes di labortorium hsinya vdrl1:2 saya takut kna pnykit sipilis berklnjutan?

    Ellina Tan  Ellina Tan
    Anggota

    Sore dok,, dok saya mau tanya hasil lab Vdrl 1:2 itu bisa d smbuhkan ngk dok.. dan obat nya apa dok yg bagus...

    Halo,   VDRL adalah sebuah tes untuk memeriksa adanya antibodi terhadap sifilis. Normalnya hasil laboratorium akan menunjukkan dua hasil yakni :

    1. Kualitatif = reaktif, reaktif lemah atau reaktif kuat.
    2. Kuantitatif = titer antibodi yang menunjukkan hasil seperti 1/2, 1/ 4, 1/8, 1/16, 1/32 dll.
    Hasil VDRL 1/2 menandakan bahwa Anda memiliki antibodi terhadap sifilis namun dalam jumlah sedikit. Untuk mengetahui adanya penyakit sifilis berkelanjutan maka pemeriksaan VDRL tidak bisa digunakan. Anda memerlukan pemeriksaan lain seperti TPHA untuk mengetahui keaktifan penyakit. Untuk info yang lebih lengkap maka Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan lanjutan TPHA untuk mengetahui status infeksi Anda ke dokter kulit kelamin. Dengan pemeriksaan tersebut maka kondisi Anda akan bisa diketahui dengan lebih pasti. Sehingga penanganan juga bisa diberikan sesuai dengan kondisi Anda. Sifilis bisa disembuhkan dengan tuntas karena disebabkan oleh bakteri. Pemberian antibiotik jenis dan dosis tertentu dengan lama terapi tertentu bisa mengeradikasi kuman hingga tuntas. Baca topik Arti hasil pemeriksaan VDRL. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi