Tanya Dokter

  • Efek samping pemberian vaksin rabies verorab pada fisik yang sehat

  • Dokter.. anak saya 5th 7 bulan.. 2 hari lalu dia d gigit anjing peliharaan kami. Kebetulan anjingnya masi 4 bulan dan belum pernah d vaksin rabies.. namun sampai saat ini anjingnya tidak mati.. tapi sayangnya anak saya sudah di suntikan obat rabies.. namanya kalo tidak salah Verorat. Yg mau saya tanyakan apa efeknya suntikan itu buat anak saya dok. Dan kira2 sebenarnya dalam keadaan apa bisa di suntikan obat tersebut.. mohon jawabannya dok.. terima kasih..

    Halo,   Apa yang Anda maksud verorab? Verorab merupakan vaksin rabies yang diberikan sebanyak 3 kali pada hari gigitan (H0), hari ke 7 dan hari ke 28. Penguatan bisa dilakukan 1 tahun paska penyuntikan terakhir kali dan setiap 5 tahun sekali jika Anda bekerja pada daerah dengan eksposur rabies yang tinggi seperti dokter hewan, rumah dekat dengan kandang, banyak terdapat anjing liar di sekitar rumah Anda dll. Efek dari suntikan ini adalah membentuk antibodi terhadap virus rabies yang baisa didapat dari gigitan anjing atau hewan pengerat lain. Efek lain yang mungkin timbul dari akibat penyuntikan vaksin adalah kemerahan pada daerah tempat suntikan sementara yang akan hilang dengan sendirinya. Vaksinasi ini diberikan jika ada kecurigaan terhadap adanya infeksi rabies. Karena Rabies belum ditemukan obatnya maka mencegah akan lebih baik daripada mengobati, apalagi anak Anda masih sangat kecil dimana imunitasnya terkadang belum cukup kuat untuk mengalahkan infeksi dari luar. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    tirzaelizabeth  cyberblade
    Anggota

    Misi dok, mw nanya.. Istri saya sdang hamil 6bulan lebih, kmarin digigit kucing tetangga ketika misahin mereka berantem.. Luka goresan + tusuk yg cukup dalam.. Perlukah suntik vaksin anti rabies? Apakah ad Bahaya/efek vaksin tersebut untuk ibu hamil?