Tanya Dokter

  • Vertigo disertai mual dan sakit perut

  • Dok....obat2an apa yang digunakan untuk mengurangi vertigo. Gejala yang saya alami pandangan mata berkunang, ini diawali dengan kurang fokusnya mata melihat sesuatu, mual dan perut sakit terasa mau BAB. Trims..

    Trijondro Purwanto  dr. Rico N
    Dokter

    Halo pak Trijondro, Vertigo adalah sensasi berputar, entah diri serasa berputar terhadap sekeliling ataupun sekeliling terhadap diri. Vertigo sebenarnya merupakan suatu gejala dan bukan penyakit yang sebenarnya. Sumber vertigo dapat berasal dari tepi atau pusat (otak). Umumnya vertigo tepi terjadi mendadak, berlangsung hitungan menit-jam-atau hari, gejala hebat, disertai gejala mual, muntah atau telinga berdenging. Vertigo sentral terjadi perlahan, berlangsung lama berhari-hari sampai merminggu-minggu, gejala ringan, sehingga pasien masih bisa beraktifitas (tetapi umumnya disebabkan kondisi yang serius seperti tumor dsb) Penyebab vertigo tepi :

    1. BPPV
    2. penyakit meniere
    3. neuritis vestibular
    4. neuroma akustik
    5. labirintis
    Penyebab vertigo sentral :
    1. Tumor otak
    2. Stroke
    3. AVM / malformasi pembuluh darah otak
    4. Pelebaran pem buluh darah otak, dsb
    Penanganan tergantung penyebabnya. tetapi pada umumnya pada vertigo tepi obat pereda gejala sudah cukup untuk menanganinya, walaupun pada jenis vertigo tertentu seperti BPPV mungkin memiliki terapi spesifiknya sendiri-sendiri (seperti CRT / canalith repostitioning therapy) selain terapi umum untuk mengurangi gejala vertigonya. Obat-obatan yang sering digunakan un tuk gangguan vertigo :
    1. Anti histaminik : dimenhidrinat
    2. Histaminik : betahistin
    3. Antikolinergik : atropin, skopolamin
    4. Phenotiazin :proklorperasin, chlorpromazin
    5. Benzodiazepin : diazepam, alprazolam
    6. butirofenon : haloperidol
    7. karbamazepin, fenitoin
    8. CCB : flunarizin, cinnarizin
    Umumnya obat yang paling sering diresepkan untuk gangguan vertigo adalah obat2 nomor 1,2, dan 8 karena selain efektif juga aman. Penanganan lainnya dilakukan sesuai jenis vertigonya. Sebaiknya anda mengunjungi dokter untuk berkonsultasi masalah ini, menentukan jenis vertigo anda dan memilih anti vertigo  yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. berikut tautan yang mungkin bermanfaat vertigo dan upaya penanganan di rumah pengobatan vertigo demikian, semoga bermanfaat