Tanya Dokter

  • vertigo disertai telinga berdengung

  •  Noy Ajja
    Anggota

    Sore dok..mau tanya klo vertigo disertai telinga berdengung itu priksa ke dokter penyakit dalam bisa tidak?

    Hai, Vertigo merupakan suatu keadaan dimana seseorang merasakan sensasi seperti berputar atau lingkungan sekitar dirasakan seperti berputar. Orang yang menderita vertigo biasanya mengeluhkan adanya :

    1. Sakit kepala, dirasakan seperti berputar
    2. Kehilangan keseimbangan
    3. Rasa penuh pada telinga
    4. Berdenging pada telinga
    5. Pendengaran menurun
    6. dan lainnya
    Secara garis besar vertigo dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan penyebabnya :
    1. Vertigo perifer - vertigo disebabkan oleh adanya gangguan pada alat-alat pengatur keseimbangan pada telinga tengah.
    2. Vertigo sentral - vertigo karena adanya kelainan pada susunan saraf pusat (otak besar dan otak kecil), maupun saraf yang mengatur keseimbangan dan pendengaran
    Gejala yang dialami oleh penderita vertigo sentral biasanya jauh lebih berat jika dibandingkan dengan vertigo perifer. Untuk menegakan diagnosis vertigo secara pasti serta menentukan jenisnya, maka selain konsultasi dokter juga perlu untuk melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Jika keluhan pusing berputar disertai dengan adanya keluhan pada telinga maka sebaiknya Anda memeriksakan diri pada spesialis THT. Jika gejala anda rasakan sangat-sangat berat maka dapat dicurigai adanya vertigo sentral, maka sebaiknya Anda memeriksakan kondisi Anda kepada spesialis saraf. Anda dapat membuka halaman berikut untuk membaca lebih lanjut mengenai vertigo : vertigo Pada halaman berikut Anda dapat membaca menangani penanganan yang dapat Anda lakukan sendiri untuk membantu mengatasi vertigo : penanganan vertigo mandiri   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.