Tanya Dokter

  • Apa ini gejala vertigo atau bukan?

  •  Erni Juita
    Anggota

    Dok, saya sering pusing, 3 hr yg lalu pusing lg, diiringi meriang dan panas. Sebelumnya saya minum bicombion krn mau puasa dan saya jg lg menyusui.dan dikarenakan jg selama ini tensi darahnya rendah. Krn tdk reda2 saya minum obat malaria &parasetamol, namun sampai skrg pusingnya gak hilang2, terutama di kepala bagian bawah atau disekitar leher bagian atas, kadang2 mau atau bangun dr tidur kepala terasa melayang2, apakah itu vertigo? Mohon balasannya Dokter, terimakasih,,,,

    Dear Erni, Pusing , meriang, panas bisa merupakan kumpulan gejala yang disebabkan satu penyebab bisa juga merupakan gejala-gejala yang saling terpisah satu sama lain. Jika ada infeksi bakteri atau virus misalnya, gejala-gejala tersebut dapat terjadi secara bersamaan akibat reaksi tubuh terhadap infeksi yang terjadi. Sakit kepala bagian belakang dapat digolongkan menjadi beberapa tipe:

    Keluhan sakit kepala seperti melayang-layang atau sering disebut sebagai pusing dapat merupakan dua hal yang berbeda berikut:
    • kepala terasa ringan. Kepala tidak terasa berputar dan membaik ketika berbaring. Dapat memburuk menjadi perasaan seperti mau pingsan atau hampir pingsan. Bisa disertai mual dan muntah.
    • vertigo dimana Anda merasa diri Anda berputar terhadap sekitar Anda atau sekitar Anda terasa berputar terhadap diri Anda. Jika Anda mengalami vertigo berat, Anda dapat merasa mual dan mengalami muntah. Anda bisa mengalami kesulitan berdiri atau berjalan, kehilangan keseimbangan bahkan terjatuh.
    Sebaiknya Anda konsultasikan keluhan Anda dengan dokter dimana dokter akan menelusuri riwayat gangguan Anda dan akan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang seperti CT scan kepala mungkin akan dianjurkan dokter bila perlu. Anda dapat membaca laman berikut secara lebih lengkap: Sakit kepala Pusing Vertigo Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya