Tanya Dokter

  • Penyebab demam disertai bentol hitam yang mengelupas

  • Halo dokter, Saya Valentina Langsung saja ya dok, Anak saya sekarang berumur 1,5th kemarin baru sembuh dari demam yg nyaris 39drajat celcius panasnya, dan disertai bentol dan bintik merah yang byk, namun hanya dibagian tertentu. Bentol yg paling banyak ada di kaki dan kepala, di bagian lain hanya bintik2 merah saja. Karena dia blm bisa mengungkapkan apa yg dirasakan saya jadi menerka rasanya itu spertinya gatal dan panas karena setiap saya mau pegang atau lihat sbntar dia menolak. Dan dia seperti kehilangan nafsu makan. Namun setelah 2-3 hari demamnya turun tapi bentol bintik itu masih ada, stelah hari 4 dan 5 bentol bintik itu berubah warna jadi hitam bahkan dihari selanjutnya bentol hitam itu mengelupas seperti menggantikan kulit kaki anak saya, jadi kulit kaki anak saya itu berubah kasar dan ada lukanya. Ketika hari pertama demam, saya memang sempat bawa kedokter tapi sang dokter tidak beri tahu saya apa jenis penyakit ini dan mengapa bisa terjadi? Saya jadi takut akan di alami sama saudara dan kerabat atau ketika nanti saya di beri anak lagi. Kira2 ini virus apa ya dokter? Bagaimana mencegahnya? Terimakasih

    Halo Valentina......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang dialami oleh anak Anda paling sering disebabkan oleh karena penyakit tangan, kaki, dan mulut atau yang lebih dikenal dengan sebutan flu singapura, di mana penyakit ini memang disebabkan oleh karena infeksi virus.

    Penyakit tersebut ditandai dengan demam, kehilangan nafsu makan, sakit tenggorokan, nyeri dimulut, dan timbulnya Ruam ( bintik - bintik merah di kulit  ) yang tidak terasa gatal.

    Penyakit ini dapat menular melalui batuk, bersin, atau popok bekas, namun sebenarnya hari ini tidak perlu dikhawatirkan karena dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu kurang lebih 10 hari.

    Selain oleh karena penyakit yang telah di sebutkan diatas, kondisi yang anak Anda alami dapat juga disebabkan oleh : dermatitis yang dibarengi dengan infeksi, alergi terhadap makanan/ minuman/ obat/ bahan - bahan kimia tertentu, impetigo === infeksi kulit oleh karena bakteri, dan lain sebagainya.

    Pada dasarnya semua penyakit terjadi oleh karena daya tahan tubuh anak menurun. Oleh karena itu, untuk mencegah semua penyakit timbul pada tubuh anak, selalu jaga daya tahan tubuh anak dalam keadaan prima.

    Berikut ini beberapa tips untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar tetap prima, diantaranya adalah : berikan anak makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, berikan anak cairan yang cukup, tidur dan istirahat yang cukup, selalu jaga lingkungan anak bermain dalam keadaan bersih dan sehat, hindari anak mendekati orang - orang yang sedang terkena penyakit.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati