Tanya Dokter

  • penjelasan hasil lab IgM dan IgG

  • Malam dokter.

    saya mau tanya, sudah 3 kali kami kehilangan bayi .

    1. bayi yang pertama meninggal di dalam kandungan umur 9 bulan.

    2. bayi kedua keguguran dalam kandungan 4 bulan.

    3. bayi ketiga sudah lahir dalam seminggu meninggal, kata dokter bayi saya ada masalah di bagian pernafasan nya.

    setelah kejadian ini istri saya cek darah di prodia, dengan hasil.

    Anti CMV-IgG # Hasil Positif ( Kons : 199.3 ) Ket : Kosentrasi : <6.0AU/ml : Negatif, >=6.0 AU/ml : Positif

    Anti CMV-IgM # Hasil Negatif

    Hasil seperti ini apa ya dok, bisa di jelaskan dan bagaimana cara menanganinya. apa kita bisa program lagi ? tolong berikan arahan nya dokter.

    Terima kasih

    Halo, Dalam perjalanan penyakit akibat infeksi virus, seseorang sedang terinfeksi atau tidak dapat dinilai dari pemeriksaan nilai IgM dan IgG anti virus tertentu.

    • IgM positif (+) menunjukkan infeksi kurang dari 1 tahun terakhir. Pada awal infeksi virus, tubuh akan membentuk IgM setelah 1-2 minggu terinfeksi. Konsentrasi IgM akan meninggi selama 4-6 minggu dan kemudia turun serta menjadi negatif setelah 1 tahun terinfeksi.
    • IgG positif (+) merupaakn pertanda pernah terinfeksi. Tubuh akan membentuk IgG setelah terinfeksi virus 8 minggu (2 bulan). Konsentrasi IgG akan menetap (terus positif) sekalinya seseorang terinfeksi walaupun sudah tidak menimbulkan gejala atau virus dalam kondisi tidak aktif.
    Dilihat dari hasil pemeriksaan lab istri Anda (IgM negatif, IgG positif) hal ini menandakan pernah terinfeksi (lebih dari 1 tahun lalu) yang mana umumnya tidak memerlukan terapi dan bila hasil tersebut merupakan pemeriksaan terbaru, kondisi ini aman untuk menjalankan program hamil. Tetap disarankan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter kandungan sebelum dan selama program hamil berlangsung untuk memantau kondisi kesehatan ibu dan calon janin. Beberapa tips lain yang dapat dilakukan adalah:
    • Istirahat yang cukup
    • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi
    • Konsumsi asam folat
    • Melakukan olahraga secara teratur
    • Kelola stres dengan baik dan tetap berpikiran positif
    • Baca diskusi ini mengenai kasus CMV
    Semoga membantu, dr. Theresia  

    Galuh Aprianto  Galuh Aprianto
    Anggota

    Malam dokter. Terima kasih atas jawaban nya. Saya mau nanya lagi dokter. Karena sdh 3 kali Bayi kami meninggal. Apa perlu saya sebagai suami harus tes darah juga? Terima kasih dokter