Tanya Dokter

  • Penanganan untuk Guillain Barre Syndrome (GBS)

  • siang dok,

     

    saya amilia, saya mau tanya soal virus gbs.

    teman 3hari kemarin mengalami kram/seperti mati rasa pada daerah ujung kaki sampe menjalar ke area tangan. sampai tidak kuat untuk berjalan atau berdiri dok.

    lalu teman saya periksa ke dokter dan di rujuk ke poli penyakit dalam. dengan dokter poli di saran kan untuk opnam agar bisa di teliti lebih lanjut. karna teman saya di perkirakan terkena virus gbs. tapi teman saya menolak untuk di rawat inap dan akhirnya memutuskan untuk pulang.

     

    setelah minum obat yang di resepkan dokter keluarga mama nya di kaltim 2 hari ini teman saya sudah tidak merasakan nyeri itu lagi dok.

     

    ini resep yang di berikan oleh dokter.

     

    Mefinal 3x1

    Ciprofloxacin tablet 2x1

    apaa sudah membaik atau gimana yaa dok?

     

    Salam,

    GBS atau Guillain Barre Syndrome merupakan suatu penyakit gangguan sistem imun dimana imun menyerang jaringan saraf tepi. Kondisi GBS dapat terjadi setelah seorang pasien menderita infeksi virus atau bakteri. Sehingga, GBS buka merupakan suatu virus, namun suatu penyakit autoimun akibat infeksi sebelumnya. Keluhan yang dirasakan adalah terjadinya keluhan sensasi kulit yang tebal, kesemutan, sampai ketidak mampuan bergerak tangan dan kaki, dan gangguan pernafasan pada kasus yang berat.

    Pasien Dengan GBS perlu kiranya dilakukan pemeriksaan dan evaluasi klinis dengan wawancara pasien, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan saraf.

    Dengan saran dokter untuk dilakukan rawat inap, diharapkan dokter dapat memberikan pengawasan melekat untuk mencegah resiko gangguan pada pernafasan, sehingga kondisi pasien dapat terkontrol dan mencapai pemulihan yang baik.

    Bila pasien mendapatkan perawatan di rumah, maka observasi dan kewaspadaan terhadap kondisi pasien harus tetap dilakukan. Dan segera merujuknya ke UGD terdekat yang mempunyai layanan spesialis saraf.

    Pasien dengan GBS dapat mengalami pemulihan dengan sendirinya, namun tetap diperlukan pengawasan yang optimal. Pemulihan dapat berlangsung sekitar 6-12 bulan.

    Dengan demikian, membaiknya keluhan yang dirasakan saat ini tetap diperlukan pengawasan dan evaluasi terkait. Dan bila obat yang didapatkan telah habis, sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter yang merawatnya.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga GBS.

    dr. Ulfi