Tanya Dokter

  • Penanganan tepat untuk atasi guillain barre syndrome

  • sore dok,

     

    saya amilia, saya mau tanya soal virus gbs.

    teman saya 3hari kemarin mengalami kram/seperti mati rasa pada daerah ujung kaki sampe menjalar ke area tangan. sampai tidak kuat untuk berjalan atau berdiri dok.

    lalu teman saya periksa ke dokter dan di rujuk ke poli penyakit dalam. dengan dokter poli di saran kan untuk opnam agar bisa di teliti lebih lanjut. karna teman saya di perkirakan terkena virus gbs. tapi teman saya menolak untuk di rawat inap dan akhirnya memutuskan untuk pulang.

     

    setelah minum obat yang di resepkan dokter keluarga mama nya di kaltim 2 hari ini teman saya sudah tidak merasakan nyeri itu lagi dok.

     

    ini resep yang di berikan oleh dokter.

     

    Mefinal 3x1

    Ciprofloxacin tablet 2x1

    apaa sudah membaik atau gimana yaa dok?

     

    Hai Amilia. GBS atau Guillain Barre syndrome merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat proses autoimun dimana sel imunitas tubuh (daya tahan tubuh) keliru mengenal sel sendiri sebagai kuman sehingga akhirnya sel ini menyerang sel tubuh sendiri. Dalam kasus GBS, sel saraf lah yang diserang. Penyebab pasti terjadinya hal ini belum jelas. Adanya infeksi sebelumnya seperti infeksi saluran napas atas, infeksi usus dan bahkan adanya trauma dapat menyebabkan hal ini. Adanya rasa kesemutan, kelemahan tubuh, serta nyeri tubuh yang menjalar dari ujung-ujung bagian tubuh ke pangkal merupakan gejala utama. Pemeriksaan seperti elektromielografi untuk menilai saraf, pemeriksaan darah, lumbal pungsi dapat membantu tergantung kecurigaan dokter. 

    Secara umum, jika benar GBS, maka penanganan dapat berupa pertukaran plasma (plasmapheresis) dan pemberian Immunoglobulin untuk membantu daya tahan tubuh. Selain GBS, penyakit lain yang menyerupai seperti  poliomielitis

    Selain itu, GBS tidak bisa disembuhkan namun dapat dikendalikan agar tidak semakin parah. Pada resep teman anda, adanya mefinal (asam mefenamat) yang merupakan penghilang nyeri juga dapat menjadi alasan nyeri yang menghilang. Untuk memastikan, dibutuhkan konsultasi ke dokter. Berikut mengenai GBS. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa