Tanya Dokter

  • Apa hepatitis B berbahaya?

  • Dok Saya mau tanya kalo y sdh tekena virus hepatitis B,itu bisa membahaya kan gak dok penyakit y..?

    Hai, Virus Hepatitis B merupakan penyebab penyakit hati yang serius.  Pada tahap awal gejala penyakit Hepatitis B tidak begitu jelas, bahkan kadang tidak ada gejala sama sekali sehingga banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka telah terinfeksi virus tersebut. Dibutuhkan waktu 1-5 bulan untuk virus ini menimbulkan gejala yang berarti. Gejala dari penyakit Hepatitis B ini adalah:

    1. Mual, muntah.
    2. Tidak nafsu makan.
    3. Badan terasa lemas.
    4. Badan menjadi kuning , yang terlihat lebih jelas di mata.
    5. Penurunan berat badan.
    Cara penularan virus ini melalui darah dan cairan tubuh penderita melalui :
    1. Kontak seksual.
    2. Berbagi jarum suntik yang telah terinfeksi.
    3. Ibu kepada bayinya.
    4. Transfusi darah yang terinfeksi.
    5. Tatto dengan alat yang terinfeksi.
    6. Memiliki luka terbuka yang berkontak dengan darah yang terinfeksi.
    Langkah pencegahan yang bisa diambil adalah dengan vaksinasi Hepatitis B sebelum anda terkena penyakit ini. Diagnosa seseorang terkena penyakit hepatitis ini bisa melalui pemeriksaan darah dimana akan ditemukan adanya virus tersebut. Jika Anda mengalami gejala diatas segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk mencegah penyakit menjadi kronis dan menimbulkan komplikasi serius. Adapun komplikasi penyakit hepatitis yang kronis adalah :
    1. Sirosis.
    2. Kanker hati.
    Pengobatan hepatitis ditujukan untuk mencegah perburukan penyakit, mencegah penularan, mengurangi komplikasi yang timbul. Pada kasus akut , dengan terapi yang baik, penderita bisa bebas dari gejala dan pulih dalam beberapa bulan. Sementara pada kasus kronik dibutuhkan terapi yang lebih intensif dan lama untuk hasil yang baik. Anda bisa membaca laman berikut untuk info lebih. http://www.alodokter.com/hepatitis-b/ Semoga bermanfaat. Salam dr. Yusi