Tanya Dokter

  • Cara penularan herpes

  •  zsbyana
    Anggota
    Dok, saya punya teman yang pernah mengidap penyakit herpes di daerah lehernya. Pada akhirnya, dia sembuh. Nah, saya baru tau kalau penyakit itu tidak bisa sembuh total tp virusnya sedang tidur. Kemarin, tanpa saya sadari dia meminjam earphone saya. saat saya sadar, akhirnya saya membersihkan earphone saya dengan alkohol, apa bisa benar benar bersih? Terimakasih dok.

    Hai Zsbyana. Herpes zoster merupakan suatu reinfeksi dari virus varicella zoster (virus yang menyebabkan cacar air) sehingga dapat dikatakan bahwa penyebabnya adalah infeksi varicella zoster. Memang benar bahwa virus ini tidak dapat hilang dalam tubuh seseorang dan hanya bersembunyi di badan saraf seseorang dan ketika daya tahan tubuh sedang lemah seperti stres, menstruasi, maka akan menyebabkan reinfeksi. Akibatnya akan timbul ruam yang disertai rasa terbakar, baal. Penyebaran infeksi ini biasanya melalui kontak langsung dengan ruam tersebut. Jika teman anda sudah sembuh dari herpes, walaupun virusnya masih ada, anda tetap dapat melakukan kontak seperti biasa dengan teman anda tersebut. Selama virus tidak sedang menginfeksi, maka adanya kontak aman. 

    Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi yang anda alami untuk penanganan dan informasi lebih lanjut. Hal yang dapat dilakukan baik anda dan teman anda adalah menjaga tubuh senantiasa fit dengan menjaga pola hidup sehat dengan konsumsi makanan gizi seimbang, perbanyak konsumsi air putih, istirahat cukup, kelola stres, hindari alkohol dan rokok. Berikut mengenai herpes zoster. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa