Tanya Dokter

  • ciri-ciri terkena virus HIV/AIDS

  • dok..apa saja ciri ciri orang yg terjangkit virus HIV...apa virus itu dapat menyebabkan kematian..apa yg harus dilakukan jika orang tersebut benar benar terkena virus HIV?

    Terima kasih Andhika Saputra atas pertanyaannya.

    HIV merupakan human immunodeficiency virus yang akan menyebabkan AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). Hal ini merupakan suatu penyakit menular yang ditularkan melalui cairan tubuh, yaitu dengan:

    1. Hubungan seksual

    2. Transfusi darah (namun di Indonesia sudah ada PMI yang akan men-screening darah para pendonor)

    3. Penggunaan jarum suntik bergantian

    4. ASI

    Virus ini sendiri akan menyebabkan penyakit dalam beberapa stadium, yaitu:

    - Stadium 1 hanya berupa gejala flu, yaitu demam, pilek, nyeri otot dan sendi, dan lainnya. Hal ini pun hanya berlangsung sekitar 2 minggu.

    - Stadium 2 akan berlangsung selama sekitar 8-10 tahun. Pada stadium ini, pasien akan tanpa gejala sama sekali.

    - Stadium 3 atau biasa disebut dengan AIDS. Pada kondisi ini, sistem kekebalan tubuh seseorang sudah sangat rendah sehingga sangat mudah terserang penyakit.

    Karena itu, ciri-ciri pasien HIV tergantung dari stadiumnya. Pada stadium 1 dan 2, pasien HIV tidak dapat dibedakan dengan yang non HIV. Namun pada kondisi AIDS, pasien biasanya:

    1. Bertubuh kurus

    2. Kulit banyak ditumbuhi jamur atau infeksi kulit

    3. Lidah ditumbuhi jamur

    4. Sariawan

    5. Diare berkepanjangan

    6. dan lain-lain

    Sebenarnya AIDS tidak menyebabkan kematian secara langsung, namun infeksi yang terjadi pada pasien AIDS lah yang akan menyebabkan kematian. Udara sekitar kita tidaklah steril, namun pada saat kondisi tubuh kita baik, maka sistem kekebalan tubuh kita akan memproteksi kita terhadap virus dan bakteri tersebut sehingga kita tidak sakit. Pada saat kondisi tubuh sedang lemah (misalnya kurang tidur), kita biasanya lebih mudah terserang penyakit. Terlebih lagi pada pasien AIDS.

    Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan jumlah TBC terbanyak, karena itu, pada pasien HIV sering terjadi TBC juga. Karena sistem kekebalan tubuh pasien AIDS yang sangat rendah, maka virus dan bakteri yang seharusnya "lemah" pun dapat menjadi sangat berbahaya, karena itu, pasien AIDS biasanya meninggal akibat infeksi lain.

    Hingga saat ini, masih belum ada obat untuk menyembuhkan HIV. Obat-obatan yang ada digunakan untuk memperlambat perkembangan virus dan penyakitnya. Seseorang yang terkena HIV juga perlu berkonsultasi dengan dokter khususnya dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan konseling.

    Orang dengan HIV AIDS sebaiknya:

    1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bersih

    2. Memakai masker jika bepergian

    3. Bila sudah memerlukan obat, maka pengobatan harus rutin dilakukan

    Anda juga dapat membaca artikel terkait:

    HIV AIDS

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya