Tanya Dokter

  • Penyebab dan gejala penyakit kutil kelamin

  •  ayunaaa
    Anggota
    halo dok, saya mau tanya 1. apakah laki2 yg mengidap kutil kelamin memiliki virus hpv juga yg dapat berpotensi kanker serviks? 2. bagaimana cara mengetahui laki2 yg memiliki virus hpv yg dapat berpotensi kanker serviks pada wanita? 3. apakah ada cara untuk menghilangkan/mengobati virus hpv tersebut pada laki2? 4. lalu jika ada, untuk menghilangkan/mengobati laki2 yg memiliki virus hpv tsb ke dokter spesialis apa? 5. apa saja ciri-ciri laki2 yg memiliki virus hpv yg berpotensi kanker serviks tsb dok?

    Hallo, terima kasih sudah bertanya pada website alodokter. Saya dokter Doddy akan membantu menjawab pertanyaan anda. 

     

    Pada umumnya memang penyakit kutil kelamin dengan kanker serviks memiliki penyebab yang sama yaitu virus HPV namun perlu diketahui bahwa jenis virus tersebut sangatlah berbeda. Dimana kutil kelamin disebabkan oleh virus HPV 6 dan 8 sedangkan kanker serviks disebabkan oleh virus HPV 11 dan 16.  Sehingga pada pria tidak akan ditemukan adanya penyakit kanker serviks, virus HPV ini sendiri dikatakan tidak dapat hilang sempurna namun gejalanya dapat disembuhkan. 

     

    Pada keadaan ini alangkah baiknya jika anda memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin guna mengetahui penyebab yang terjadi dan pengobatan yang terbaik untuk Anda saat ini. Untuk saat ini saya sarankan anda untuk tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu hingga keadaan anda dikatakan sehat oleh dokter karena dapat menularkan penyakit tersebut ke pasangan anda. 

     

    Semoga jawaban ini dapat membantu anda. 

     

    Salam

     

    dr. Doddy Kusumah R