Tanya Dokter

  • Herpes zoster di bagian atas pinggang dan bawah payudara

  •  Iyes Tea
    Anggota

    Slamat Malam dok.

    Saya berusia 45th. Udah 6 hari ini saya terkena herves zoster, di pinggang bagian atas ama di bwh payudara.Sebenarnya gelembung2 air nya udah mulai mengering, cuma rasa pedih dan rasa sakitnya belum ilang juga, terutama di bagian perut di bawah payudara.

    Obat yg di resep itu. Cetirezene 10mg > 10 Acyclovir Tablet 400mg > 6 strif Neurohax tablet > 10 Acycovir salep 5mg > 3tab dan Proneuron Metamizole Diazepam 500mg > 10.

    Pertanyaannya. Kenapa rasa sakit, perih, dan pegal nya g ilang2 terutama timbulnya menjelang tengah malam.

    Trimakasih.

    Hai,   Perasaan nyeri, pegal dan sakit yang timbul saat herpes zooster mulai mengering dan sembuh mungkin dikarenakan komplikasi paska herpes yaitu neuralgia pasca herpetika. Neuralgia paska herpetika (NPH) ini merupakan kondisi dimana terjadi kerusakan serabut saraf akibat virus varicella zooster. Gejala yang sering dikeluhkan NPH ini adalah sensasi panas terbakar disertai nyeri yang tidak menghilang di tempat lenting herpes timbul. Gejala lain dari NPH ini adalah :

    1. Nyeri seperti sensasai terbakar, tajam, menusuk dan dalam.
    2. Sensitif terhadap sentuhan ringan.
    3. Gatal dan mati rasa.
    4. kelemahan otot jika serabut saraf yang rusak mempersarafi pergerakan.
    NPH sangat sulit diobati karena kerusakan serabut saraf sangat susah diterapi. Beberapa jenis pengobatan yang dilakukan hanya bertujuan untuk mengurangi nyeri yaitu :
    1. Lidocain skin patch
    2. Antidepresan dosis kecil
    3. Antikonvulsan tertentu
    4. opioid penghilang nyeri
    Konsultasikan permasalahan Anda kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.   Semoga membantu.   dr. Yusi  

    Iyes Tea  Iyes Tea
    Anggota

    Terimakasih dok..atas penjelasannya Skrng rasa Sakit dan perih seperti terbakarnya udah mulai ilang. Cuma ada pertanyaan lagi, yaitu Apakah betul slma kita kena herves zoster kita g boleh mandi..? Setelah kulit nya mengelupas salep nya bisa pake Acycovir cream. Trimakasih.

    Halo,   Tidak. Kita tetap boleh mandi selama terinfeksi herpes zooster selama kondisi tubuh fit. Atau menggunakan air mandi suam kuku selama terkena herpes. Mandi tidak dilarang dilakukan saat terinfeksi virus, tubuh tidak demam dan kondisi tubuh tetap fit. Karena dengan mandi justru bisa mengurangi rasa tidak nyaman seperti gatal dan panas pada bagian lenting. Baca topik Mandi saat terjadi infeksi virus. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi